Awas! Natuna Dikepung Kabut Asap Dampak Karhutla di Kalimantan Barat

Selasa, 05 September 2023 - 14:30 WIB
loading...
Awas! Natuna Dikepung Kabut Asap Dampak Karhutla di Kalimantan Barat
Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kalimantan Barat, menyebabkan Kabupaten Natuna, terpapar kabut asap sejak Minggu (3/9/2023). Foto/iNews TV/Alfie Al Rasyid
A A A
BATAM - Kabut asap mulai mengepung wilayah Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri), sejak Minggu (3/9/2023). Kabut asap tersebut, dipicu oleh kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kalimantan Barat.



Hampir seluruh wilayah Kabupaten Natuna, diselimuti kabut asap tebal. Akibat kepungan kabut asap yang dipicu karhutla di Kalimantan Barat tersebut, kualitas udara di wilayah Natuna menjadi menurun dan dapat berdampak kepada kesehatan masyarakat.



Kabut asap akibat karhutla tersebut, juga memicu penurunan jarak pandang di wilayah Kabupaten Natuna. Yakni hanya sekitar 3-4 km saja. Kondisi ini diperkirakan masih akan terjadi hingga beberapa hari ke depan, akibat arah angin yang bertiup ke tenggara.



Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Natuna, Raja Darmika mengatakan, kabut asap ini mengakibatkan mata terasa perih dan sakit pada tenggorokan. "Masyarakat diimbau menggunakan masker saat melakukan aktivitas di luar ruangan. Kami juga akan membagikan masker kepada masyarakat," tegasnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1841 seconds (0.1#10.140)