Asap Tebal Kebakaran Hutan Kepung Permukinan Warga Pontianak, Lansia Mulai Diungsikan

Jum'at, 04 Maret 2022 - 16:14 WIB
loading...
Asap Tebal Kebakaran Hutan Kepung Permukinan Warga Pontianak, Lansia Mulai Diungsikan
Kebakaran hutan dan lahan kembali terjadi di wilayah Kota Pontianak, bahkan hampir mendekati rumah warga di Jalan Aloevera Kecamatan Pontianak Selatan. Foto/iNews TV/Uun Yuniar
A A A
PONTIANAK - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) membuat panik warga Jalan Aloevera Kecamatan Pontianak Selatan, Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Asapnya yang sangat tebal, mulai mengepung permukiman warga hingga sejumlah lansia dan anak-anak dievakuasi ke tempat aman.



Api yang membakar lahan di dekat permukiman warga tersebut, mulai muncul pada Kamis (3/3/2022) petang, dan hingga kini belum dapat dipadamkam. Angin kencang, dan cuaca panas membuat api dengan cepat merembet hingga mendekati permukiman warga.



Salah seorang warga, Beni Tan Heri menyebutkan, kobaran api dengan cepat membesar dan mendekati permukiman. "Asapnya sangat tebal dan mengganggu pernafasan, sehingga sejumlah lansia dan anak-anak mulai diungsikan," tuturnya.



Warga juga bekerja bakti membuat penyekat agar api yang terus membesar, tidak sampai membakar permukiman. "Jarak kobaran api dengan permukiman warga sudah sangat dekat, sekitar 20 meter," ujar petugas pemadam kebakaran, Usman.



Untuk memadamkan api, petugas pemadam kebakaran kesulitan mendapatkan sumber air terdekat. Selain itu, akses jalan untuk mobil pemadam kebakaran menuju ke titik api juga sangat terbatas sehingga sangat mengganggu proses pemadaman api.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1446 seconds (0.1#10.140)