Antisipasi siklus 4 tahunan, jalur evakuasi disiapkan

Jum'at, 14 Juni 2013 - 13:20 WIB
Antisipasi siklus 4 tahunan, jalur evakuasi disiapkan
Antisipasi siklus 4 tahunan, jalur evakuasi disiapkan
A A A
Sindonews.com – Membaca siklus kejadian letusan Merapi, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tengah berupaya melakukan antisipasi. Jika Merapi masih berpegang pada siklus letusannya selama ini, letusan selanjutnya diperkirakan akan terjadi 2014 mendatang.

"Kami tengah mengantisipasi potensi siklus empat tahun erupsi Gunung Merapi," kata Kepala BNPB Syamsul Maarif usai menjadi pembicara Asia Pasific Disaster Risk Reduction and Resilience (APDR) ke tiga yang berlangsung di Hotel Sheraton, Jumat (14/6/2013).

Ia mengungkapkan, dari 2700 warga yang menjadi korban merapi saat ini ada 650 warga yang di sekitar lereng Merapi di Yogyakarta yang enggan di relokasi. Bahkan di wilayah Klaten, Jawa Tengah hampir semua warga enggan diajak relokasi.

“Masyarakat yang tidak mau turun kita persiapkan jalur evakuasinya,” katanya.

Syamsul berharap tidak ada lagi warga yang menjadi korban erupsi Merapi. “Jika mengikuti early warning system, semua bisa selamat,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) Surono mengatakan, kesiapan masyarakat yang tangguh menghadapi bencana sangat penting.

“Teknologi apapun tidak mampu menghadapi bencana dengan baik kalau masyarakatnya kuarang siap,” ujarnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9126 seconds (0.1#10.140)