3 calon perseorangan daftar ke KPU Polman

Selasa, 04 Juni 2013 - 23:14 WIB
3 calon perseorangan daftar ke KPU Polman
3 calon perseorangan daftar ke KPU Polman
A A A
Sindonews.com - Tiga pasangan bakal calon (Balon) bupati dan wakil bupati dari jalur independen akan meramaikan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Polewali Mandar (Polman) yang akan digelar 8 Oktober mendatang.

Ketiga pasangan balon tersebut adalah Munarfa Atjo-Andi Bebas Maggasali (Mabes), Hikman Katohindar-Nadjib Abdullah Majid (Hikman-Naam), dan Nahar-Abdi Manaf. Ketiganya mendaftar sekaligus menyerahkan berkas dan bukti dukungan.

Komisioner KPU Polman Amiluddin Atjo mengatakan, tahapan pendaftaran bakal calon sudah dibuka sejak 1 Juni. Di tahapan ini dibuka dua sesi yakni sesi pertama untuk balon independen, dan sesi kedua bagi balon dari partai politik (parpol).

Sesuai dengan jadwal tahapan yang ditetapkan KPU, tahapan pendaftaran dan pemasukan berkas bagi balon independen akan dibuka selama lima hari atau hingga 5 Juli (hari ini). Sementara, balon dari jalur parpol akan dibuka pada 29 Juni mendatang.

“Sampai saat ini, kami sudah menerima tiga balon yang mendaftarkan diri dan telah memasukkan berkas dukungan. Balon yang terakhir kemarin mendaftar adalah Nahar-Abdi Manaf,” ujar Amiluddin, kepada Sindonews, di kantornya, Selasa (4/6/2013).

Amiluddin menuturkan, dalam proses pendaftaran balon tidak diperkenankan meninggalkan Kantor KPU sebelum bukti dukungan dihitung dan jumlahnya mencapai syarat yang ditentukan.

“Adapun persyaratan dukungan untuk balon independen yakni minimal mendapatkan dukungan 20.150 atau empat persen dari jumlah penduduk. Sementara, balon dari jalur parpol, jumlah dukungan minimal 15 persen dari jumlah kursi di DPRD,”jelas Amiluddin.

Sementara itu, menjelang Pilkada Polman, sejumlah baliho lengkap dengan pasangannya sudah mulai meramaikan beberapa titik jalan. Berdasarkan amantan dilapangan, setidaknya ada tujuh balon yang siap meramaikan Pilkada Polman ini.

Diantaranya, dari jalur parpol, yakni Nadjamuddin Ibrahmim-Erfan Kamil, Andi Ibrahim Masdar-Muh Natsir Rahmat, Muh Asri Anas-Chuduriah Sahabuddin, dan Mujirin M Yamin-Hasan Bado. Dari jalur independen yakni, Hikman Katohindar-Nadjib Abdullah Majid, Munarfa Atjo-Andi Bebas Manggasali, dan Nahar-Abdi Manaf.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6184 seconds (0.1#10.140)