Gunung Lokon semburkan debu setinggi 3.000 meter

Senin, 08 April 2013 - 12:22 WIB
Gunung Lokon semburkan debu setinggi 3.000 meter
Gunung Lokon semburkan debu setinggi 3.000 meter
A A A
Sindonews.com - Gunung Lokon di Tomohon, Sulawesi Utara kembali meletus Senin (8/4/2013) pagi. Ketinggian abu vulkanik yang keluar dari Kawah Tumpoluan itu mencapai 3.000 meter. Tidak ada pengungsian dalam letusan ini, namun warga diminta untuk tidak beraktifitas dalam radius 2,5 kilometer dari kaki gunung.

Letusan GUnung Lokon terjadi sekira pukul 10.00 Wita. Abu berwarna putih tebal itu tertiup ke arah selatan Kota Tomohon dan barat daya.

Beberapa pemukiman warga ditiga kelurahan pun terkena dampak letusan tersebut, yakni Kecamatan Tomohon Selatan, dan Barat Daya. Ketabalan abu mencapai tiga hingga empat milimeter.

Peningkatan aktivitas Gunung Lokon sudah mulai terlihat ketika alat seismograf merekam peningkatan kegempaan dengan amplitudo 0,5-6 milimeter.

Petugas Pos Pemantau Gunung Lokon Farid Bina menyebutkan, potensi letusan masih bisa terjadi melihat aktivitas kegempaan yang masih berlangsung.

"Tidak ada pengungsian, kami tetap imbau warga tidak mendekat dalam radius 2,5 kilometer dari Kawah Tompaluan," tegtasnya.

Tidak ada pengungsian dalam letusan ini, namun warga di minta untuk tidak beraktifitas dalam radius 2,5 kilometer dari Kawah Tompaluan. Sedangkan status siaga tidak mengganggu masyarakat untuk tetap beraktifitas.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4159 seconds (0.1#10.140)