Gunung Lokon Turun Status, Warga Tetap Diminta Waspadai Letusan Freatik dan Banjir Lahar

Rabu, 23 Agustus 2023 - 14:43 WIB
loading...
Gunung Lokon Turun Status, Warga Tetap Diminta Waspadai Letusan Freatik dan Banjir Lahar
Peta kerwananan bencana (KRB) erupsi Gunung Lokon di Kota Manado, Sulawesi Utara. Foto/Dok. vsi.esdm.go.id
A A A
TOMOHON - Status Gunung Lokon diturunkan dari level III atau siaga, menjadi level II atau waspada. Meski statusnya telah diturunkan, warga tetap diimbau untuk wespadai potensi terjadinya letusan freatik dan banjir lahar.



Dilansir dari laman vsi.esdm.go.id, Gunung Lokon yang ada di Kota Tomohon, Sulawesi Utara, dinaikkan statusnya dari level II atau waspada ke level III atau siaga pada 17 Juli 2023. Setelah melihat perkembangan yang terjadi sepanjang bulan Agustus ini, akhirnya statusnya diturunkan kembali ke level II atau waspada.



Berdasarkan keterangan tertulis yang disampaikan Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Hendra Gunawan dan diunggah di laman vsi.esdm.go.id, disebutkan, dari hasil evaluasi hingga Minggu (20/8/2023) aktivitas vulkanik secara visual dan instrumental menunjukan adanya penurunan aktivitas vulkanik.



"Dengan adanya penurunan aktivitas vulkanik tersebut, maka status Gunung Lokon diturunkan dari level III siaga, menjadi level II waspada, terhitung sejak Senin (21/8/2023). Masyarakat tidak diperbolehkan beraktivitas dan mendekati area dalam radius 1,5 km dari kawah Tompaluan," terang Hendra Gunawan dalam keterangan tertulisnya.

Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk tetap berada di dalam rumah jika terjadi letusan atau hujan abu. Apabila terpaksa harus ke luar rumah, maka diimbau untuk menggunakan pelindung hidung, mulut, dan mata. Masyarakat juga diimbau mewaspadai potensi lahar pada sungai-sungai yang berhulu dari puncak Gunung Lokon.

Pemerintah daerah, BPBD Provinsi Sulawesi Utara, BPBD kabupaten dan kota di Sulawesi Utara, diimbau untuk terus berkoordinasi dengan Pos Pengamatan Gunung Lokon yang ada di Desa Kakaskasen, Kota Tomohon, atau Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi di Bandung.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1293 seconds (0.1#10.140)