Rekonsiliasi JA & Hati yang dilakukan Dandim 1403 gagal

Senin, 01 April 2013 - 07:00 WIB
Rekonsiliasi JA & Hati yang dilakukan Dandim 1403 gagal
Rekonsiliasi JA & Hati yang dilakukan Dandim 1403 gagal
A A A
Sindonews.com - Proses rekonsiliasi yang dilakukan Dandim 1403 Sawerigading terhadap dua pasangan kandidiat Wali Kota Palopo, di Kantor KPUD, gagal terlaksana.

Hal itu lantaran kubu pasangan Judas Amir-Akhmad Syarifuddin (JA) selaku Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih tidak mau datang, sementara kubu pasangan Haidir Basir-Thamrin Jufri (Hati) sebagai kubu kalah, datang memenuhi undangan.

Menurut Dandim 1403 Sawerigading Palopo, Letnan Kolonel Infantri Abdul Haris, pertemuan tersebut, sedianya dilakukan sebagai rekonsiliasi kedua belah pihak agar suasana Kota Palopo kembali aman.

"Pertemuan ini untuk menciptakan suasana Kota Palopo benar-benar kondusif. Kami berharap lewat pertemuan ini kubu JA maupun kubu Hati bisa menangkis informasi sesat yang memprovokasi warga," jelas Abdul Haris, Senin (1/4/2013).

Diketahui, pertemuan rekonsiliasi tersebut dilakukan pukul 22.00 Wita, namn karena hingga pukul 00.00 Wita, kubu JA tak datang, proses rekonsiliasi akhirnya dibatalkan dan dibubarkan.

"Karena beliau (JA) tidak datang, maka tak ada keputusan soal upaya rekonsiliasi ini," tegas Abdul Haris.

Menurut Abdul Haris, sebelumnya kubu JA menyatakan kesiapannya untuk datang memenuhi undangan tersebut. Namun Abdul Haris mengaku tidak tahu jika akhirnya kubu JA membatalkan niatannya tersebut.

Sementara itu calon Wali Kota Palopo yang dinyatakan gagal oleh KPUD Haidir Basir menyatakan, dirinya tidak tahu jika pertemuan tersebut ditujukan untuk rekonsiliasi. Menurutnya, dirinya datang sebagai undangan Dandim 1403 Sawerigading.

"Saya tidak tahu jika ingin dipertemukan dengan Judas-Amir, saya ke sini hanya untuk memenuhi undangan Pak Dandim," jelas Haidir Basri singkat.

Berdasarkan pengamatan langsung di lapangan, hingga saat ini aparat keamanan masih disiagakan di depan Kantor KPUD Kota Palopo yang dipagari kawat berduri. Pengamanan ekstra ketat tersebut juga terlihat di sejumlah ruas jalan protokol di Kota Palopo. Sementara itu, poros Jalan Trans Sulawesi yang melintasi Kota Palopo juga sudah lancar.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6092 seconds (0.1#10.140)
pixels