Ini tantangan Aher setelah menangi Pilgub Jabar

Senin, 04 Maret 2013 - 17:17 WIB
Ini tantangan Aher setelah menangi Pilgub Jabar
Ini tantangan Aher setelah menangi Pilgub Jabar
A A A
Sindonews.com - Setelah memenangi Pemilihan Gubernur Jawa Barat (Pilgub Jabar), Ahmad Heryawan (aher)-Deddy Mizwar (Demiz) dihadapkan pada masalah berat dengan tingginya angka golput. Artinya, Aher-Demiz harus bisa meyakinkan warga golput agar pro dengan kebijakan yang akan dibuat.

"Belum banyak orang yang berdiri di barisan dia yang notabene rakyat dia sendiri," kata pengamat politik dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Karim Suryadi, ketika dihubungi, Senin (4/3/2013).

Dekan Fakultas Ilmu Politik Sosial (Fisip) UPI ini menjelaskan, Aher-Demiz jika dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar nanti harus bisa meyakinkan orang-orang yang justru lebih banyak di luar barisannya.

Sebagai gambaran, angka golput pada Pilgub Jabar mencapai 11.823.201 atau sekira 36,3 persen dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Pilgub Jabar 32.536.980. Sedangkan suara Aher-Deddy 6.515.313 atau 32,39 persen dari total jumlah suara yang sah (20.713.779).

"Jumlah dukungan riel terhadap Aher-Deddy sangat kecil jika dibandingkan dengan Golput atau DPT," terangnya.

Kata Karim, dalam Ilmu Komunikasi Politik, kegiatan atau program pemerintah secara umum terdiri dari empat komponen. Pertama ada dasar hukum bagi suatu program atau kebijakan; kedua mobilisasi sumber daya misalnya anggaran, ketiga peran serta masyarakat, keempat implementasinya di masyarakat sebagai penggerak kebijakan/program.

Jika Aher-Deddy tidak sanggup meyakinkan rakyat Jabar, dikhawatirkan kebijakan dan programnya malah akan mubazir atau tak jalan.

Cara untuk meraih dukungan mayoritas masyarakat Jabar, Aher-Deddy disarankan agar mau mendengar aspirasi dari berbagai sisi masyarakat Jabar. Misalnya menghimpun berbagai masalah krusial di Jabar.

Selain itu, Aher-Deddy harus menepati janji-janjinya selama kampanye, yakni 8 komitmen yang akan dijalankannya jika terpilih sebagai Gubernur dan Wagub Jabar. Janji ini di antaranya menyediakan 2 juta lapangan kerja baru, pendidikan gratis hingga tingkat SMA, kesehatan, ekonomi, dan lain-lain.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6493 seconds (0.1#10.140)