KPU tunggu laporan dana kampanye cagub

Jum'at, 22 Februari 2013 - 13:04 WIB
KPU tunggu laporan dana...
KPU tunggu laporan dana kampanye cagub
A A A
Sindonews.com - Pasca kampanye Pilgub Jabar, sejumlah calaon diminta untuk melaporkan dana kampanye yang mereka gunakan. Sejauh ini, baru dua pasangan cagub yang melaporkannya ke KPU Jabar.

"Dalam satu hari ini sudah ada dua (Dede-Lex dan Rieke-Teten) yang menyerahkan laporan," kata staf Bagian Hukum KPU Jabar, Agus Ridwan, di Kantor KPU Jabar, Jumat (22/2/2013) dinihari.

Namun KPU Jabar belum bisa membeberkan rincian keuangan atau dana kampanye dua calon tersebut. Pasalnya, berkas laporan harus diserahkan ke Kantor Akuntan Publik (KAP). Nantinya, masing-masing berkas tersebut diaudit akuntan.

"KAP masih harus menelusuri sumber dananya dari mana," jelasnya.

Bagi pasangan yang belum menyerahkan laporan dana kampanye, masih ada kesempatan menyerahkan setelah pencoblosan. Kesempatan terakhir 27 Februari 2013.

Sementara Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat menjelaskan, laporan dana kampanye penting diserahkan pasangan calon Pilgub Jabar untuk keterbukaan atau transparansi.

"Kami imbau kepada pasangan calon harus segera serahkan laporan dana kampanye secepatnya," kata Yayat.

Meski tidak ada sanksi bagi yang tidak menyerahkan laporan dana kampanye, tetapi dengan menyerahkannya menunjukkan ada komitmen serius dalam hal transparansi keuangan kampanye.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5605 seconds (0.1#10.140)