Ada 165 TPS rawan di Bandung

Kamis, 21 Februari 2013 - 14:07 WIB
Ada 165 TPS rawan di Bandung
Ada 165 TPS rawan di Bandung
A A A
Sindonews.com - Menjelang pelaksanaan pemungutan suara Pilgub Jabar, Mapolrestabes Bandung melakukan pemetaan terhadap tingkat kerawanan di sejumlah tempat pemungutan suara (TPS). Hasilnya, ada 165 TPS yang masuk kategori rawan satu di Bandung.

Kapolrestabes Bandung Kombes Abdul Rakhman Baso memaparkan, data itu diperoleh menjelang diselenggarakannya pemilihan gubernur Jawa Barat 24 Februari mendatang.

"TPS dibagi per kondisi yakni Rawan 1,2, dan 3. Rawan 1 ada 165 lokasi. Di antaranya daerah Kiaracondong dan Bandung Kulon," kata Kapolrestabes usai Gelar Pasukan Linmas Pengamanan Pilgub, di Plaza Balaikota Bandung, Kamis (21/2/2013).

Selain itu, kawasan Jalan Pelajar Pejuang 45 juga dinilai rawan. Hal itu karena banyaknya kantor partai politik. Kategori rawan diberlakukan berdasarkan data dan anatomi kriminalitas di Kota Bandung.

Selain itu, tutur Abdul Rakhman, berdasar pengalaman sebelumnya, terdapat masyarakat yang rentan dengan ketidakpuasan pengamanan. Abdul Rakhman juga menyebut faktor alam menjadi pertimbangan kategori tersebut.

"Walaupun Kota Bandung tidak begitu sering terkena bencana. Tapi kerawanan juga diukur faktor alam, seperti longsor di kawasan utara," tuturnya.

Terdapat 4.025 TPS untuk pelaksanaan Pilgub Jabar di Kota Bandung yang akan dijaga 8.050 perlindungan masyarakat (linmas), 3.075 personel kepolisian, dan 300 TNI.

Pengamanan juga termasuk di TPS Rumah Tahanan Kebonwaru, Lapas Banceuy, dan Lapas Sukamiskin.

"Kami juga berkoordinasi juga dengan KPU dan Panwaslu," tandasnya.

Pola pengamanan TPS diwujudkan dengan adanya 18 pos pengamanan yang dibantu TNI.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9128 seconds (0.1#10.140)