Aher cetak buku visi-misi pakai huruf braile

Kamis, 07 Februari 2013 - 21:32 WIB
Aher cetak buku visi-misi pakai huruf braile
Aher cetak buku visi-misi pakai huruf braile
A A A
Sindonews.com - Pasangan Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar yang diusung partai koalisi PKS, Gerindra, PPP dan PBB meluncurkan buku visi-misi dalam bentuk tulisan braile.

Bagi pasangan ini, menyentuh kalangan tuna netra begitu penting lantaran memiliki hak politik yang sama.

"Visi-misi ini kami buat dalam dua versi, satu tulisan biasa dan satu lagi hurup braile," kata Heryawan di Gedung DPRD Jabar, Kamis (7/2/2013).

Deretan huruf braile itu dipesan secara khusus dengan format yang sudah sesuai standar bagi para tuna netra. Berbeda dengan tulisan biasa, buku braile itu halaman awal dari lembar paling kanan, seperti halnya Alquran. Visi misi braile ini dicetak pada kertas putih tebal berukuran sekira 30x35cm dengan ketebalan 80 halaman.

Pembuatannya cukup sulit dan membutuhkan waktu lebih lama dari buku biasa. Namun, jajaran tim pemenangan berupaya keras agar bisa dicetak secepat mungkin demi menjangkau kelompok-kelompok tuna netra secepatnya.

Buku itu dibuat beberapa waktu lalu, setelah sekelompok tuna netra mendatangi kediamannya di Gedung Negara Pakuan. Heryawan mengaku terenyuh dengan keluhan kaum ini yang tidak bisa membaca visi-misi cagub/cawagub dalam bentuk huruf biasa.

"Karena itulah kami buatkan buku (braile) itu," ucap Heryawan.

Dengan begitu, Heryawan pun berencana akan mencetak buku visi-misi braile tersebut dalam jumlah banyak, agar bisa didapatkan lebih banyak lagi penderita tunanetra.

"Dokumen berhuruf khusus ini akan kami bagikan ke sejumlah kelompok tuna netra di Jabar, seperti Portuni (Persatuan tunanetra Indonesia), serta kelompok lainnya. Mereka juga warga Jabar yang berhak mengetahui visi misi kami," ucap Heryawan.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3327 seconds (0.1#10.140)