Mura siapkan lumbung pangan

Kamis, 17 Januari 2013 - 15:16 WIB
Mura siapkan lumbung pangan
Mura siapkan lumbung pangan
A A A
Sindonews.com - Untuk mengantisipasi kerawanan pangan, Kabupaten Musi Rawas (Mura), Sumatera Selatan (Sumsel) menyiapkan lokasi lumbung pangan. Ada 10 lokasi yang dibidik, namun Pemkab tampaknya harus memperhitungkan daerah rawan banjir yang bisa mengagalkan rencana tersebut.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Setda Mura, M Yamin melalui Kabid Ketersediaan dan Kerawanan Pangan, Tatang Suparno mengatakan, sepuluh lokasi yang dijadikan lumbung pangan masih dilakukan identifikasi berdasarkan letak dan potensi daerah yang ada.

Karena, proyeksi Pemkab Mura, lumbung pangan akan dijadikan program untuk membuka lokasi baru untuk memenuhi ketersediaan pangan di wilayah itu. Dengan kata lain, lokasi yang dicari bukan karena berpotensi menghasilkan beras tapi ingin membuka lahan baru.

"Lumbung pangan dibuat karena masih banyak lokasi-lokasi di wilayah Mura yang jauh dan sulit memperoleh bahan pangan seperti di daerah Rawas Ulu. Sehingga program lumbung beras sangat tepat diberdayakan dengan memberi modal kepada para petani," ujar Tatang diruang kerjanya, Kamis (17/1/2013).

Selama ini ada lima kecamatan yang memiliki potensi komoditi beras yakni, kecamatan Tugumulyo, Sumberharta, Megang Sakti, STL Terawas dan Muara Beliti.

Kelima lokasi itu menjadi pasokan komoditi beras. Sehingga, daerah lain yang dijadikan lumbung pangan bisa memiliki pasokan pangan sekalipun daerah itu tidak menjadi penghasil beras.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7429 seconds (0.1#10.140)