Sibuk pilkada, rapat paripurna DPRD Jabar sepi

Kamis, 03 Januari 2013 - 17:33 WIB
Sibuk pilkada, rapat paripurna DPRD Jabar sepi
Sibuk pilkada, rapat paripurna DPRD Jabar sepi
A A A
Sindonews.com - Semangat tahun baru ternyata tak dimiliki para anggota DPRD Jawa Barat. Pasalnya, banyak wakil rakyat yang tak hadir dalam rapat paripurna perdana 2013, di Gedung DPRD Jabar, Jalan Diponegoro, Bandung.

Jumlah wakil rakyat yang tidak hadir dengan alasan tak jelas itu sebanyak 38 orang, dari 100 anggota DPRD Jabar. Meski begitu, paripurna awal tahun tetap berjalan dan memenuhi kuorum.

"Yang hadir 62 anggota, secara kurom bisa dilaksanakan," kata Ketua DPRD Jabar Irfan Suryanegara, di Gedung DPRD Jabar, Kamis (3/1/2013).

Irfan menyebutkan, alasan absennya 38 anggota DPRD tersebut sangat beragam. Ada yang izin sakit, sibuk sebagai anggota tim pemenangan Pilkada atau Pilgub Jabar, dan lain-lain.

"Ya mungkin sibuk Pilkada," sebutnya.

Pihaknya berjanji akan menanyakan ketidakhadiran para wakil rakyat tersebut kepada ketua fraksinya masing-masing. Meski begitu, mereka yang tidak hadir rapat paripurna tidak akan diberikan teguran atau sanksi.

Sementara itu Anggota Komisi A DPRD Jawa Barat dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Deden Darmansyah, menyayangkan ketidakhadiran anggota dewan. Menurutnya, sebenarnya hal itu bisa dicegah dengan cara diingatkan ketua fraksinya masing-masing.

"Semua anggota harus bisa membagi waktu, terlebih menjelang akhir masa jabatan," ujarnya.

Peran fraksi juga bisa membagi waktu kegiatan anggota dewan. Kata Deden, dengan begitu ketidakhadiran anggota dewan bisa diminimalisir.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9834 seconds (0.1#10.140)