Aktivitas Gunung Lokon meningkat

Selasa, 01 Januari 2013 - 11:09 WIB
Aktivitas Gunung Lokon meningkat
Aktivitas Gunung Lokon meningkat
A A A
Sindonews.com - Pasca letusan kemarin, Gunung Lokon di Kota Tomohon mengalami peningkatan ke gempaan sejak semalam. Sementara asap tebal juga masih terlihat keluar dari Kawah Tompaluan. Dengan kondisi ini, pemerintah setempat mengimbau masyarakat agar tetap waspada.

Setelah letusan Gunung Lokon pada Senin 31 Januari 2012 sore, aktivitas gunung berapi di Tomohon, Sulawesi Utara ini mengalami peningkatan ke gempaan.

Pos pemantau Gunung Lokon mencatat, sejak pukul 22.30 Wita, gempa yang didominasi gempa tremor dan beberapa gempa vulkanik dalam itu terjadi lebih dari 100 kali.

Sementara pantauan pada Selasa (1/1/2013) pagi, kepulan asap putih yang keluar dari Kawah Tompaluan masih terlihat. Selain itu suara gemuruh juga masih terus terdengar.

Kendati demikian masyarakat yang berada di pusat kota dan di bawah kaki gunung tetap melakukan aktivitas seperti biasanya.

Sementara itu, Badan Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi dan Badan Nasional Penanggaulangnan Bencana mengimbau pada masyarakat di kaki gunung untuk tidak melakukan aktivitas di radius 2,5 kilometer.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9110 seconds (0.1#10.140)