alexametrics

Dua pelaku spesialis pembobol ATM dibekuk

loading...
A+ A-
Sindonews.com - Terekam Closed Circuit Television (CCTV) di dalam Anjungan Tunai Mandiri (ATM), salah satu tempat hiburan di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), dua orang spesialis pembobol ATM ditangkap sekuriti.

Dua orang tersangka ini ketahuan sedang menempelkan berbagai stiker di mesin ATM dan memasukkan korek api ke dalam mesin ATM tersebut. Kedua tersangka ini merupakan jaringan spesialis pembobol ATM dengan 20 tempat di Jakarta.

Kedua tersangka ini yakni Syafrizal dan Datuak alias Kumis. Mereka digiring ke Mapolresta Kota Padang, Sumbar setelah ditangkap oleh securiti sebuah tempat hiburan di Jalan Diponegoro, Kota Padang dengan tuduhan perusakan mesin ATM dan aksi penipuan, Selasa (25/9/2012).

Dari tangan pelaku, polisi berhasil menyita puluhan kartu ATM, gunting, uang Rp15 juta dan kartu ATM yang telah diberi benang serta batang korek api.

Dari pengakuan tersangka, modus operandi dengan cara mengganjal tempat memasukan kartu ATM dengan batang korek api yang bertujuan agar kartu nasabah tersekat. Sebelumnya tersangka telah menempelkan stiker keluhan pelanggan dengan nomor telpon palsu dengan tujuan nasabah melaporkan kartu ATM-nya tertinggal di dalam dan sekaligus dengan meminta nomor pin korbannya.

"Setelah itu, korban dijanjikan bisa mengambilnya di Bank terdekat. Setelah itu, isi ATMnya kami kuras," ujar Syafrizal menjelaskan.

Namun aksi mereka gagal, karena gerak-gerik mereka terekam di CCTV saat menempelkan stiker di mesin ATM. Dua orang tersangka langsung ditangkap, sementara satu orang lagi berhasil kabur.
(azh)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top