Begal Sadis Spesialis Truk Lintas Provinsi Dibekuk Polda Jatim

Kamis, 26 Maret 2020 - 15:52 WIB
Begal Sadis Spesialis Truk Lintas Provinsi Dibekuk Polda Jatim
Begal Sadis Spesialis Truk Lintas Provinsi Dibekuk Polda Jatim
A A A
SURABAYA - Polda Jatim mengamankan 10 orang pelaku begal spesialis truk yang beraksi lintas provinsi. Target para begal adalahtruk engkel, mobil box, dan pick up.

Dirreskrimum Polda Jatim Kombes Pol Pitra Ratulangi mengatakan, perbuatan para pelaku cukup meresahkan masyarakat.

Pasalnya, saat beraksi mereka tega melukai korban dengan senjata tajam dan senjata api. Pelaku banyak beraksi di wilayah Jatim. Namun, beberapa kali di wilayah Jawa Tengah hingga Jawa Barat.

"Untuk TKP (tempat kejadian perkara) di Probolinggo, Jember, Lumajang, Blitar. Kalau luar provinsi di Semarang dan Cirebon," katanya di Mapolda Jatim, Kamis (26/3/2020).

Dari penangkapan tersebut, Polda Jatim mengamankan sejumlah barang bukti seperti kepala kendaraan truk yang jumlahnya cukup banyak. Truk ini dicuri dari parkiran dan halaman rumah warga. Setelah dicuri lalu ditaruh di suatu tempat untuk dipreteli, lalu dijual secara terpisah.

"Saat melakukan aksinya, komplotan tersebut juga tega melukai korbannya. Kami amankan barang bukti mulai seperti celurit yang digunakan untuk melukai korban," ujar Pitra.

Tak hanya itu, Polda Jatim juga mengamankan senjata api dengan peluru kaliber 5,6 yang cukup besar. Ini peluru yang digunakan TNI, tapi menggunakan senjata api rakitan yang dimodifikasi sendiri.

Barang bukti lain yang diamankan, yakni kunci T untuk merusak rumah kunci truk, belasan ponsel, rekening beberapa bank, dan juga surat-surat kendaraan.

"Seluruh barang bukti itu diperoleh dari 10 tersangka yang berperan sebagai pelaku pencurian dan juga penadah," pungkas Pitra.

(zil)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5517 seconds (0.1#10.140)