Banjir Rendam Empat Desa di Lombok Timur NTB

Sabtu, 14 Maret 2020 - 15:50 WIB
Banjir Rendam Empat Desa di Lombok Timur NTB
Banjir Rendam Empat Desa di Lombok Timur NTB
A A A
LOMBOK TIMUR - Empat desa di Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), terendam banjir setinggi 50 cm hingga satu meter sejak Sabtu (14/3/2020) pagi. Keempat desa tersebut adalah Desa Sukaraja, Sukadamai, Wakan dan Pandan Wangi.

Lia, salah seorang warga Jerowaru mengatakan, hujan deras sejak Jumat (13/3/2020) malam hingga Sabtu (14/3/2020) membuat Sungai Rungkang di Desa Sukadamai meluap.

"Kira kira pukul 06.00 WITA, tiba tiba air merendam rumah kami," tutur Lia, Sabtu (14/3/2020) siang.

Selain merendam rumah warga, banjir juga merendam puluhan hektare persawahan. Warga bergotong royong menyelamatkan barang dan perabotan berupa tempat tidur, TV, kulkas dan peralatan lain. Satu rumah warga di Dusun Lingkok Lauk, Desa Wakan, mengalami rusak berat.

Banjir juga merobohkan pagar tembok SDN 8 Sukaraja sepanjang 50 meter. Air setinggi betis orang dewasa menggenangi lapangan sekolah, meluber ke seluruh ruang kelas.

"Siswa terpaksa kita pulangkan lebih awal, karena air masuk ke ruang kelas," ujar Kepala SDN 8 Sukaraja H Ismail.

Sementara di Desa Pandanwangi, air embung meluap ke jalan utama karena tidak kuat menampung volume air. Petugas BPBD yang ada di lokasi memasang tali untuk membantu warga hingga bisa melintas di jalan utama.

"Jika curah hujan tinggi sampai malam hari, kita kerahkan petugas untuk piket di Embung Tembeng sebagai langkah antisipasi," tutur Sekda Lombok Timur HM Juani Taofik di lokasi banjir bersama petugas BPBD.

Dalam jangka menengah dan panjang, kata sekda, dibutuhkan normalisasi Kali Ganti dan Pelapak. Karna itu, pihaknya segera berkoordinasi dengan BWS.
(zil)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5645 seconds (0.1#10.140)