DPRD Kobar Dukung Pemda Kembangkan Kopi di Kecamatan Aruta

Sabtu, 14 Maret 2020 - 14:22 WIB
DPRD Kobar Dukung Pemda Kembangkan Kopi di Kecamatan Aruta
DPRD Kobar Dukung Pemda Kembangkan Kopi di Kecamatan Aruta
A A A
KOTAWARINGIN BARAT - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah (Kalteng), mendukung pemerintah daerah meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Salah satunya dengan pengembangan kopi di Desa Penyombaan, Kecamatan Arut Utara (Aruta).

Ketua DPRD Kobar Rusdi Gozali mengatakan, dirinya sangat mendukung dan mengapresiasi apa yang telah dilakukan Pemda Kobar mengajak masyarakat untuk menanam pohon kopi.

“Berarti, kita memiliki komoditas baru selain tanaman kelapa sawit, yakni kopi yang perlu dikembangkan ke depan,” ujar Rusdi Ghozali, Sabtu (14/3/2020).

Rusdi mengatakan penanaman pohon kopi di Desa Penyombaan, Kecamatan Arut Utara, menandakan keseriusan Pemkab Kobar untuk mengembangkan kopi.

Menurutnya, dipilihnya Desa Penyombaan sebagai kawasan pengembangan kopi, karena telah dikaji oleh ahli di bidangnya yang disesuaikan dengan kondisi lahan di Desa Penyombaan.

“Pemilihan jenis bibit kopi Robusta yang ditanam di Penyombaan telah melalui pengkajian. Ini membuktikan program pengembangan tanaman kopi ini bukan untuk coba coba melainkan akan menghasilkan kopi yang berkualitas dari desa Penyombaan Kecamatan Arut Utara, ini sangat luar biasa dan kami akan dukung itu,” kata Rusdi Gozali.

Ia menambahkan, pengembangan tanamam kopi di Desa Penyombaan juga menarik pihak ketiga untuk mengembangkan tanaman tersebut, bahkan jika berhasil akan dibuka 10 ribu hektare lanjutan.

”Pengembangan tanaman kopi di desa Penyombaan merupakan usaha baru bagi masyarakat, sebab selama ini, masyarakat di sana bermata pencaharian dari hasil menambang emas dan hal itu jika diteruskan akan merusak lingkungan. untuk itu dengan menanam kopi maka masyarakat diharapkan akan meninggalkan kebiasaanya menambang," pungkasnya.
(zil)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 4.9810 seconds (0.1#10.140)