20 Hektare Lahan Gambut di Nagan Raya Aceh Terbakar

loading...
20 Hektare Lahan Gambut di Nagan Raya Aceh Terbakar
20 Hektare Lahan Gambut di Nagan Raya Aceh Terbakar
A+ A-
NAGAN RAYA - Sedikitnya 20 hektare lahan milik warga di Desa Babah Lueng, Kecamatan Tripa Makmur, Kabupaten Nagan Raya, Aceh terbakar hingga Jumat (13/3/2020). Cuaca yang sangat panas dan angin kencang serta medan yang sulit dijangkau menuju ke titik api membuat petugas kesulitan memadamkan api.
20 Hektare Lahan Gambut di Nagan Raya Aceh Terbakar

Sejumlah petugas TNI, Polri dan BPBD Kabupaten Nagan Raya terus berusaha memadamkan api yang membakar 20 hektare lahan gambut milik warga tersebut. (Baca: Gagal Tangani Karhutla Kapolsek Teluk Meranti, Pelalawan Riau Dicopot)

“Lokasi kebakaran yang berdekatan dengan laut menyebabkan angin kencang sehingga api cepat menyebar. Untuk menuju ke lokasi kebakaran petugas terpaksa menempuh jarak sekitar 5 kilometer dengan menyeberang sungai selama 15 menit. Kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri hutan sepanjang 3 kilometer, “ kata Dandim 0116/Nagan Raya Letkol Inf Guruh Tjahyono, Jumat (13/3/2020).

Untuk membantu memeadamkan api, Personel Kodim 0116/Naganraya menurunkan 50 personel dibantu petugas gabungan Polri, BPBD dan Tagana yang berjumlah 135 orang.

Meski api berhasil dipadamkan namun asap dari sisa kebakaran lahan gambut masih mengepul karena kondisi tanah gambut yang dalam sekitar 1-2 meter. “Untuk mengantisipasi kebakaran susulan sejumlah petugas gabungan masih disiagakan di lokasi kebakaran,” tandasnya.

(sms)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak