Seminar di UMSU Medan, Ini Pesan Anggota DPD Dedi Iskandar

Kamis, 12 Maret 2020 - 18:14 WIB
Seminar di UMSU Medan, Ini Pesan Anggota DPD Dedi Iskandar
Seminar di UMSU Medan, Ini Pesan Anggota DPD Dedi Iskandar
A A A
MEDAN - Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Administrasi Publik (HMJ IAP) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (FISIP UMSU) menggelar seminar dan diskusi publik bertema strategi pengelolaan dan pengembangan zona ekonomi eksklusif di Sumatera, di Auditorium Kampus UMSU, Jalan Mukhtar Basri Kota Medan, Kamis (12/3/2020).

Dalam seminar yang dihadiri ratusan mahasiswa itu, Anggota DPD RI Dedi Iskandar Batubara menyampaikan paparan menarik. Kata Dedi, jika pengelolaan laut dan penanganan zona ekonomi eksklusif salah kebijakan, Indonesia bisa makin terpuruk. Kekayaan laut dan potensi pantai yang dimiliki Indonesia seharusnya dikelola dengan baik, bukan malah dimanfatkan orang luar atau pihak asing.

"Penanganan masalah yang terjadi di laut, sifatnya masih responsif dan insidental. Jika ada masalah, baru ada respons. Belum terencana secara jelas dalam sebuah blue print," ujar anggota DPD RI yang sekarang diberi kewenangan membidangi masalah perikanan dan kelautan.

Menurut Dedi, perhatian pemerintah terhadap kelautan belum maksimal, termasuk juga keberpihakan terhadap nelayan yang masih kurang. Padahal, wilayah laut lebih luas dari daratan.

"Ke depan, pemerintah harus membuat blue print yang lebih jelas dan tegas. Khusus untuk Sumut bisa melakukan pengembangan beberapa pulau dan pantai menjadi destinasi wisata," katanya.

Sementara Mayor Laut Sujarwo Hermawan, dari Lantamal Belawan menyampaikan perlunya badan khusus yang menangani soal zona ekonomi eksklusif ini. Pembicara lainnya, Ketua Prodi IAP yang juga sedang studi S3 Hubungan Internasional di Unpad Bandung, Nalil Khairiah menyampaikan berbagai persoalan kelautan harus diselesaikan dengan maksimalisasi poros maritim. Yaitu dengan lima pilar utama, di antaranya pembangunan kembali budaya maritim dan penempatan nelayan sebagai pilar utama.

Seminar yang merupakan program kerja HMJ IAP FISIP UMSU dibuka WR 3, Rudianto. "Kegiatan seperti ini sangat bermanfaat untuk pengembangan potensi mahasiswa dan HMJ juga sekaligus sebagai wujud eksistensi prodi, fakultas, dan universitas. Tema seminar juga menarik dalam konteks diskusi pengembangan potensi kelautan Sumatera Utara ," paparnya.
Seminar di UMSU Medan, Ini Pesan Anggota DPD Dedi Iskandar

Dalam kegiatan itu hadir Dekan FISIP UMSU Arifin Saleh, WD 1 Zulfahmi Ibnu; WD 3 Abrar Adhani; Sekretaris Prodi IAP Ananda Mahardika, dan beberapa dosen lainnya.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5270 seconds (0.1#10.140)