Buaya Senyulong Raksasa dengan Bobot 500 Kg Masuk di Sungai Kecil Hebohkan Warga

Kamis, 13 Februari 2020 - 20:20 WIB
Buaya Senyulong Raksasa dengan Bobot 500 Kg Masuk di Sungai Kecil Hebohkan Warga
Buaya Senyulong Raksasa dengan Bobot 500 Kg Masuk di Sungai Kecil Hebohkan Warga
A A A
KOTAWARINGIN BARAT - Warga RT3/RW4, Desa Arga Mulya, Kecamatan Pangkalan Banteng, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng geger. Seekor buaya senyulong (sepit) yang belum diketahui jenis kelaminnya dengan berat sekitar 500 kilogram (1/2 ton) dan panjang sekitar 5 meter berhasil dievakuasi warga di Sungai Pakit, pada Kamis (12/2/2020) sekira pukul 11.00 WIB. (Baca: Diduga Diterkam Buaya, Remaja Ini Hilang Saat Memancing)

Warga setempat Dahimi menceritakan, buaya tersebut pertama kali dilihat oleh warga yang melintas di sekitar Sungai Pakit pada pukul 08.00 WIB.

Kemudian diberitahu ke warga lainnya, dan warga mulai berdatangan untuk berusaha menangkap buaya raksasa tersebut.

“Ya tadi kita langsung ke lokasi penemuan buaya, ada sekitar 20-25 orang langsung mengevakuasi menggunakan tali dan terpal untuk menutup mata buaya besar tersebut,” ujar Dahimi saat ditemui MNC Media di kantor BKSDA Kalteng SKW 2 Pangkalan Bun, Kamis petang.

Dia menjelaskan, dengan ekstra keras puluhan warga melakukan evakuasi dan langsung dibawa menuju kantor Desa Arga Mulya sekitar pukul 11.00 WIB.

“Saat buaya sudah diikat mulutnya menggunakan tali dan kemudian diikatkan ke sebatang bambu untuk diangkat ke tepi sungai. Selanjutnya kita bawa ke kantor desa sambil menghubungi pihak BKSDA Kalteng SKW 2 Pangkalan Bun. Ya kalau ditotal durasi evakuasi sejak pukul 08.00 WIB - 11.00 WIB,” timpalnya.

Menurut Dahimi, memang di sekitar Sungai Pakit dari dulu sering terlihat buaya ukuran besar. Bahkan sebelum penemuan buaya ini, pada pekan lalu warga sempat melihat dua ekor buaya dengan ukuran yang lebih besar dari ini.

“Ya beberapa waktu lalu warga sempat melihat ada dua yang terlihat di Sungai Pakit. Mungkin yang satunya ya ini yang kita tangkap. Yang satu lagi lebih panjang dan besar kira kira 8 meteran,” timpalnya.

Bahkan lanjut dia, dahulu pernah ada warga setempat yang diterkam buaya di sekitar Sungai Pakit namun berhasil selamat lantaran hanya terkena di bagian kaki.

Sementara itu, Nasibah, tim Wildlife Rescue Unit (WRU) Seksi Konservasi Wilayah (SKW) II Pangkalan Bun, BKSDA Kalteng yang turut mengevakuasi buaya tersebut mengatakan, awalnya pihak BKSDA Kalteng mendapat laporan dari warga sekitar pukul 12.00 WIB. Saat dilaporkan, buaya sudah berhasil dievakuasi warga dan sudah diamankan di kantor Desa Arga Mulya.

“Siang tadi kita langsung meluncur ke Kantor Desa dan membawanya ke kantor BKSDA Kalteng, SKW 2 Pangkalan Bun. Sampai kantor tadi pukul 18.00 WIB. Kalo dengan kasat mata ini panjang sekitar 5 meter, jenis kelamin belum kita ketahui, berat antara 500-700 kg. Terkait data detail Buaya Senyulong ini mungkin besok pagi pihak dokter yang akan melakukan obsevasi lebih lanjut,” ujar Nasibah.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0962 seconds (0.1#10.140)