Tak Kuat Menahan Arus Air, 2 Jembatan Gantung Penghubung Desa Putus

Selasa, 11 Februari 2020 - 11:36 WIB
Tak Kuat Menahan Arus Air, 2 Jembatan Gantung Penghubung Desa Putus
Tak Kuat Menahan Arus Air, 2 Jembatan Gantung Penghubung Desa Putus
A A A
MUSI RAWAS - Jembatan gantung di Desa Pulau Panggung, Kecamatan Muara Kelingi, Musi Rawas, nyaris ambruk karena tidak kuat menahan kencangnya arus sungai musi yang debit airnya terus naik.

"Kami sudah berusaha menyelamatkan jembatan, dengan melepas lantai jembatan agar tidak menahan arus air. Tapi debit air sungai cepat naik, sehingga membuat jembatan menjadi miring," kata Sekdes Pulau Panggung, Saipul Amri, Selasa (11/2/2020).

Dijelaskan Sekdes, sekitar pukul 12.30 WIB, warga bergotong royong melepaskan lantai jembatan, namun sulit dilepas, sebab plat besi lantai jembatan di las cukup kuat.

"Saat hendak melepas lantai jembatan, tiba-tiba ada kayu hanyut dan mengenai jembatan, sehingga empat warga sempat terjatuh namun selamat," terangnya.

Saat ini, sambung Sekdes, dirinya sudah menghimbau kepada warga jangan mendekat jembatan, khawatir tali sling putus dan mengenai warga.

"Sekarang kondisi jembatan tinggal menunggu ambruk saja, sebab kondisinya sudah miring,"ujarnya.

Terpisah, Jembatan gantung penghubung Desa Semangus Lama dengan Semangus Baru juga putus, karena arus sungai musi yang deras akibat intensitas curah hujan yang tinggi.

Sekdes Semangus Baru Edi Rumadi mengatakan, sudah khawatir dengan jembatan itu, karena sekitar pukul 23.00 WIB, jarak dengan permukaan air sekitar 10 centimeter. benar saja, pagi ini jembatan putus.

Menurutnya, jembatan gantung penghubung Desa Semangus Lama dengan Semangus Baru, dibangun mengunakan bahan besi. Artinya, dari lantai hingga bahan lainnya besi semua.

"Ini yang kedua kalinya jembatan gantung putus, sewaktu Bupati Musi Rawas Ridwan Mukti, juga pernah kejadian putusnya jembatan," terangnya.

Karena putusnya jembatan gantung, maka warga kembali mengunakan perahu getek untuk ke Semangus Lama. Seperti sebelum adanya jembatan gantung.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4414 seconds (0.1#10.140)