Sistem Layanan Dokumen Kependudukan Dukcapil Bone Bolango Jebol

Minggu, 09 Februari 2020 - 12:08 WIB
Sistem Layanan Dokumen Kependudukan Dukcapil Bone Bolango Jebol
Sistem Layanan Dokumen Kependudukan Dukcapil Bone Bolango Jebol
A A A
SUWAWA - Sistem layanan dokumen kependudukan Dukcapil Kabupaten Bone Bolango dilakukan dengan jemput bola (jebol) hingga ke tingkat kecamatan dan desa.

Hal ini dibuktikan selama dua hari, pada 7 dan 8 Februari 2020 Dinas Dukcapil Bone Bolango melayani jebol dokumen kependukan di Kecamatan Bone yang dipusatkan di kantor Desa Cendana Putih dan sekitarnya.

Kepala Dinas Dukcapil Bone Bolango Oktavianus Rahman mengatakan, pelayanan jebol bertujuan memberikan kemudahan kepada masyarakat yang mengurus dokumen penduduk dan akta pencatatan sipil yang semuanya diproses dan dicetak di tempat.

"Dalam pelayanan jebol kali ini, Dinas Dukcapil menurunkan 14 orang personil terdiri dari petugas administrasi data base (ADB), verivikator dan operator. Karena semua dokumen proses cetak dan langsung diserahkan kepada mastaraat pemohon," terang Oktavianus, Sabtu (8/2/2020).

Mantan kabag humas dan Kominfo Setda Kabupaten Bone Bolango ini menambahkan, ada kebahagiaan tersendiri menyaksikan masyarakat tersenyum dan senang semua dokumen langsung mereka terima. Karena dokumen yang didaftarkan langsung diproses cetak.

"Khusus untuk kartu identitas anak (KIA) hanya diproses tapi cetaknya nanti di kantor Dinas Dukcapil, karena hanya tersedia satu mesin printer. Sedangkan akta kelahiran selesai proses cetak saya langsung serahkan," tambah Oktavianus.

Oktavianus menyebutka dalam layanan jebol kali ada sejumlah dokumen kependudukan pemohon yang dilayani di antaranya 87 akta kelahiran, 10 akta kematian, 22 pendaftaran KIA, 119 Kartu Keluarga, 105 KTP elektronik, 32 rekam KTP elektronik.
(akn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7751 seconds (0.1#10.140)