Dinas PRKPP Pasangkayu Konsolidasi Bantuan Rumah Tidak Layak Huni

Minggu, 02 Februari 2020 - 18:14 WIB
Dinas PRKPP Pasangkayu Konsolidasi Bantuan Rumah Tidak Layak Huni
Dinas PRKPP Pasangkayu Konsolidasi Bantuan Rumah Tidak Layak Huni
A A A
PASANGKAYU - Pemerintah Kabupaten Pasangkayu melalui Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan ( PRKPP ) melakukan konsolidasi dan sosialisasi awal Bantuan Rumah Sederhana Tidak Layak Huni untuk masyarakat miskin Kabupaten Pasangkayu, Kecamatan Bambalamotu, Jumat (30/1/2020).

Kepala Dinas PRKPP Zulfikar menjelaskan, kegiatan konsolidasi dan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan informasi awal kepada masyarakat tentang bantuan Pemerintah terhadap Rumah Sederhana Tidak Layak Huni di Kabupaten Pasangkayu. Bantuan ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus ( DAK ) tahun Anggaran 2020.

"Pada tahun anggaran 2020 ini masyarakat Kabupaten Pasangkayu akan mendapat bantuan pembangunan rumah 20 unit di Desa Doda Kecamatan Sarudu dan rehabilitasi rumah sederhana tidak layak huni 77 unit di Desa Randomayang Kecamatan Bambalamotu,"katanya.

Dengan dana sebesar Rp1,697 miliar, lanjut Mantan Kadis PM dan PTSP ini, per rumah akan mendapatkan suntikan dana bantuan sebesar Rp17,5 juta. Uang itu diperuntukan untuk bangunan Rp15 juta dan Rp2,5 juta untuk tukang bangunan.

Dia melanjutkan, bantuan akan dibagikan pada tahun 2020 ini. Dan pada bulan desember nantinya sudah selesai dipugar rumah yang mendapatkan bantuan tersebut. Menurutnya, jumlah pendaftar Bantuan Stimulan Perumahan Sederhana (BSPS) di Kabupaten Pasangkayu cukup banyak bila dibandingkan wilayah lain.

"Pendaftar di sini mencapai ribuan, namun yang lolos verifikasi jumlahnya sangat sedikit,"paparnya.

Selain itu, Zulfikar menegaskan untuk memonitoring bantuan agar tepat sasaran Pemkab juga akan menyiapkan personel yang bertugas untuk mengawasi pembangunan rumah swadaya tersebut. Hal tersebut dilakukan, agar masyarakat tidak dirugikan nantinya.
(atk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4262 seconds (0.1#10.140)