Mancing Sampah di Sungai, Murid SD Muhammadiyah 12 Surabaya Dapat Voucher Jajan

Jum'at, 10 Januari 2020 - 11:20 WIB
Mancing Sampah di Sungai, Murid SD Muhammadiyah 12 Surabaya Dapat Voucher Jajan
Mancing Sampah di Sungai, Murid SD Muhammadiyah 12 Surabaya Dapat Voucher Jajan
A A A
SURABAYA - Ratusan murid SD Muhammadiyah 12 Surabaya, Jawa Timur, riang gembira mengikuti lomba mancing sampah di Sungai Gundih Dupak, Jumat (10/1/2020). Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 12 Surabaya, Bayu Setya mengatakan, aksi mancing sampah merupakan kegiatan rutin Jumat Bersih.

"Sebagaimana kita ketahui memasuki awal tahun 2020, Indonesia disambut cuaca ekstrem berupa hujan dengan intensitas tinggi di beberapa wilayah, termasuk di kota Surabaya," katanya.

Aksi mancing sampah, kata dia, supaya sungai bersih sehingga saat hujan lebat air bisa mengalir lancar. "Kita berharap tidak terjadi banjir. Sebab, salah satu pemicu banjir saat musim hujan adalah ketika banyak saluran air tersumbat oleh sampah," lanjutnya

Para pelajar SD Muhammadiyah 12 Surabaya tampak antusias mengikuti aksi mancing sampah di sungai tersebit. Setiap sampah yang dikumpulkan, siswa dapat ditukarkan voucher yang bisa dibelikan jajanan di kantin sekolah.

Dipilihnya Sungai Gundih yang lokasinya cukup jauh dari SD Muhammadiyah 12 Surabaya, bertujuan agar siswa bisa melihat secara langsung bagaimana mengelolah lingkungan sungai agar lebih bersih dan terawat di daerah Gundih Surabaya.

"Semoga kegiatan aplikatif ini bisa memberi pengetahuan sekaligus pengalaman bagaimana peduli pada lingkungan sekitar sejak dini kepada para siswa. Selanjutnya, dapat mereka terapkan di waktu mendatang, karena sungai bersih menghindarkan kita dari banjir," pungkas Bayu Setya.
(zil)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6942 seconds (0.1#10.140)