Pencemaran Kali Surabaya Meningkat, Dirut PJT I: Kalau Ada Ikan Mabuk Hubungi Kami

Kamis, 07 Oktober 2021 - 12:13 WIB
loading...
Pencemaran Kali Surabaya Meningkat, Dirut PJT I: Kalau Ada Ikan Mabuk Hubungi Kami
Direktur Utama PJT I, Raymond Valiant Ruritan. Foto SINDOnews
A A A
SURABAYA - Jumlah sampah yang ada di sepanjang Kali Surabaya terus bertambah. Direktur Utama Perum Jasa Tirta (PJT I), Raymond Valiant Ruritan mengatakan, saat ini ada sekitar 400 ton sampah basah per minggu. Volume sampah tersebut akan kian tinggi dan pada musim penghujan sampah itu akan mencemari kali hingga menurunkan kualitas air.

"Kalau terjadi ikan mabuk, dimanapun itu, tolong hubungi kami. Itu biasanya karena penurunan oksigen. Tetapi kalau ada bau atau warnanya berubah, berarti ada yang membuang limbah. Ini kemarin sempat terjadi di Bengawan Solo. Air sungai menjadi coklat tua. Ternyata ada industri alkohol yang membuang limbah ke sungai," ungkap Raymond, Rabu (6/10/2021).

Raymond mengingatkan masyarakat agar tidak kaget jika nantinya ada perubahan kualitas air sungai di Kali Surabaya, menyusul musim penghujan di tahun ini diperkirakan akan datang lebih awal. "Kualitas air sungai di musim hujan tidak semakin baik, tetapi semakin jelek karena limbah di pemukiman masuk sungai. Sebagian besar memang limbah rumah tangga seperti popok, plastik dan lain sebagainya," ujar Raymond.

Penurunan kualitas air sungai tersebut biasanya ditandai dengan penurunan kadar oksigen terlarut dalam air. Menurutnya, standar oksigen terlarut dalam air mencapai 2 hingga 4 miligram per liter agar air bisa masuk pada golongan yang bisa diolah kembali. Dan biasanya, jika oksigen turun dibawah 2 miligram per liter, maka akan terjadi fenomena ikan mabuk.

Volume sampah kian tinggi di saat tertentu seperti musim penghujan . Sebagian besar sampah padat seperti plastik. "Dari pengamatan kami, jenis sampah semakin banyak. Kalau dulu di hulu itu 30 persen adalah sampah anorganik, sekarang naik menjadi 40 persen seperti plastik kaca dan berbagai material yang tidak bisa diuraikan," ungkapnya.

Hal ini diakibatkan oleh perubahan pola hidup masyarakat, utamanya di masa pandemi. "Banyak orang yang tinggal di rumah sebenarnya mengakibatkan kenaikan jumlah sampah rumah tangga. Untuk itu kami mengimbau masyarakat agar tidak membuang sampah di sungai," ujarnya.

Agar tidak terjadi banjir, BUMN pengelola sumber daya air itu juga telah menyiapkan tiga unit eskavator apung untuk melakukan pengambilan sedimen dan sampah dari sungai sepanjang musim hujan. "Kami akan lakukan pengambilan sedimen di sungai dari Wringin Anom hingga Gubeng. Kami juga akan imbau, minta tolong kepada pemerintah kabupaten kota untuk urusi sampai karena sampah sebenarnya tanggung jawab pemkab atau pemkot," ujarnya.

Selain itu, peran masyarakat juga sangat diperlukan, diantarnya tidak membuang sampah padat di sungai. Ia mengungkapkan, kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah di sungai masih cukup rendah. Ada sekitar 20 titik pembuangan sampah di sepanjang aliran Kali Surabaya dari Driyorejo Gresik hingga Gunungsari Surabaya.

"Kami mengimbau kepada masyarakat dimana pun ketika membuang sampah hendaknya dibuang di tempat yang disediakan. Karena buntunya gorong-gorong banyak diakibatkan sampah. Disisi lain, tempat pembuangan sampah juga kadang banyak yang dibangun di sisi sungai sehingga di hujan, sampah akan meluber hingga masuk sungai," pungkas Raymond.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2029 seconds (0.1#10.140)