Car Free Night Diterapkan di Pantai Kuta Bali saat Malam Tahun Baru

Jum'at, 27 Desember 2019 - 11:21 WIB
Car Free Night Diterapkan...
Car Free Night Diterapkan di Pantai Kuta Bali saat Malam Tahun Baru
A A A
KUTA - Kawasan Pantai Kuta , Badung, Bali bakal diberlakuan rekayasa lalu lintas berupa Car Free Night pada saat malam tahun baru 2020.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono menyampaikan hal tersebut saat mengecek kesiapan anggotanya dalam menciptakankeamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran (Kamseltibcar) lalu lintas dilokasi wisata di Bali, Kamis (26/12/2019). (Baca juga: Amankan Natal dan Tahun Baru, Korlantas Siagakan 160.000 Personel)

Kakorlantas ingin memastikan segala persiapan menyambut libur tahun baru yang menjadi tugas jajarannya terencana dengan baik. Termasuk kesiapan rekayasa arus lalu lintas dalam rangka pemberlakuan Car Free Night.

Kesiapan rekayasa arus lalu lintas saat malam Tahun Baru 2020 di kawasan wisata pulau Dewata dinilai sudah sangat bagus."Artinya bahwa kesiapan internal Polri sudah disiapkan dengan baik, dengan menyiapkan kantong-kantong parkir dalam rangka pemberlakuan Car Free Night, agar tidak ada kendala Kamseltibcar lantas pada malam perayaan Tahun Baru di kawasan Pantai Kuta, Bali. Kemudian kesiapan personel di titik-titik tertentu yang strategis juga sudah disiapkan," ungkapnya.

Istiono menerangkan, pada 31 Desember mulai pukul 00.00 WIB akan ada tahapan awal. Pukul 14.00 WIB dilakukan penyisiran kendaraan parkir, dan pukul 16.00 WIB akan dilakukan penutupan jalan. (Baca juga: Malam Tahun Baru, Car Free Night Selama 12 Jam di Puncak)

"Nantinya semua kendaraan tidak ada yang parkir di kawasan Pantai Kuta, baik roda dua maupun roda empat, semua parkir di kantong-kantong parkir yang sudah disediakan oleh jajaran Ditlantas Polda Bali," ujarnya.

Adapun kantong parkir yang sudah disediakan antara lain, di areal parkir Pasar Seni, parkir umum Desa Adat Legian, Lapangan Tri Sakti, area parkir Beach Walk, Bali Anggrek, Mall Bali Galeria, Centro Mall, dan lain-lainnya.

"Terus disosialisasikan kepada masyarakat dan para pengusaha sekitar Pantai Kuta terkait rekayasa penutupan jalan di kawasan pantai Kuta, agar masyarakat lokal dan wisatawan mengetahui informasi tersebut," tandasnya.

Menurut Kakorlantas, selain di Pantai Kuta, pelaksanaan Car Free Night juga akan dilakukan di Denpasar, dan kawasan Garuda Wisnu Kencana (GWK).

Selain meninjau langsung lokasi wisata di Legian dan Pantai Kuta, Kakorlantas bersama Dir Gakum Korlantas Polri Brigjen Pol Kushariyanto, Kabagops Korlantas Polri Kombes Pol Benyamin, dan Dirlantas Polda Bali Kombes Pol Wisnu Putra juga menyapa para wisatawan, baik lokal maupun wisatawan asing, terkait kehadiran para anggota kepolisian di tengah-tengah masyarakat.

Kakorlantas juga mengucapkan selamat berlibur di Indonesia dan selamat Tahun Baru kepada wisatawan asing. Lokasi wisata menjadi salah satu fokus pengamanan lalu lintas bagi Korlantas Polri saat libur Natal dan tahun baru. Terutama lokasi-lokasi yang menjadi tempat favorit masyarakat seperti Bali, Puncak Jawa Barat, Anyer Banten, maupun Bandung, dan sejumlah lokasi lainnya.
(shf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6388 seconds (0.1#10.140)