Sulawesi Tengah Ukir Prestasi di FSQN 2019

loading...
Sulawesi Tengah Ukir Prestasi di FSQN 2019
Sulawesi Tengah Ukir Prestasi di FSQN 2019
JAKARTA - Kafilah Provinsi Sulawesi Tengah berhasil menjadi juara umum di ajang Festival Seni Qasidah tingkat Nasional (FSQN) ke-24 tahun 2019 di Hotel D Arcici, Jakarta Utara.

Prestasi-prestasi yang diraih yaitu juara harapan 3 putra (Sigi) dan harapan 1 putri (Donggala) Bintang Vokalis anak, juara harapan 1 putra (Sigi) dan juara 3 putri Bintang Vokalis remaja (Donggala).

Selain itu, juara harapan 2 (Donggala) putra dan juara 2 putri (Palu) Bintang Vokalis Dewasa, juara 3 putra (Parigi Moutong) dan juara 1 putri (Palu) Rebana Klasik dewasa, serta juara 1 untuk Kolaborasi (Sigi).

Festival yang digelar oleh Dewan Pengurus Pusat (DPP) Lembaga Seni Qasidah Indonesia (LASQI) ini berlangsung dari tanggal 16-20 Desember 2019 dan diikuti 600 peserta dari 14 provinsi di Indonesia.



Sekjend DPP LASQI, H. Baharuddin H. Tanriwali yang juga selaku Ketua DPW LASQI provinsi Sulawesi Tengah mengungkapkan kehadiran LASQI cukup penting untuk membantu menyampaikan syiar Islam. Apalagi Qasidah, katanya telah melekat dan dikenal di kalangan kaum muslimin, karena menjadi satu dari sekian banyak budaya sekaligus menjadi konsep dalam berdakwah dengan pendekatan seni.

"Melalui LASQI, kita bisa membumikan kembali budaya Islam. Terlebih Qasidah maupun marawis yang sering melantunkan syiar-syiar Islam, merupakan pola dakwah melalui seni," ungkapnya.

Ia berharap LASQI dapat berperan untuk mewadahi sekaligus mengembangkan kesenian Islam dalam rangka menjawab tantangan zaman. Turut hadir Ketua DPD LASQI Kota Palu, Irmawaty Hidayat selaku Ketua TP-PKK Kota Palu.
(alf)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top