Pemuda Yapen Barat Papua Ini Ciptakan Aplikasi Ujian Semester Offline

Senin, 11 November 2019 - 20:39 WIB
Pemuda Yapen Barat Papua...
Pemuda Yapen Barat Papua Ini Ciptakan Aplikasi Ujian Semester Offline
A A A
YAPEN BARAT - Ben Semuel Kirihio (21), pemuda dari Wooi, Yapen Barat, Papua berhasil menciptakan aplikasi yang membantu guru guru di SMK Negeri Kelautan Ansus, Yapen Barat.

Aplikasi ini diberi nama Be Smart yang dikembangkan dengan tujuan mempersiapkan mental siswa ke depan untuk menghadapi ujian nasional berbasis komputer . (Baca juga: Dua Putra Asli Papua Ditunjuk Menjabat Pangdam Cenderawasih dan Pangdam Kasuari)

Ben menuturkan bahwa aplikasi ini sangat membantu khususnya dalam ujian semester secara online. Ben mengakui bahwa aplikasi ini mirip dengan aplikasi yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud ).

Namun yang membedakan, aplikasi di Kemendikbud hanya untuk Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), sedangkan aplikasi yang diterbitkan Ben dapat dipakai untuk ujian semester.

"Di kampung itu, mengenal sistim elektronik itu sangat jauh, tapi bagaimana caranya kita menggunakan pikiran yang ada sebagai tenaga pendidikan, kami mengajar siswa bagaimana belajar mengenal lebih jauh lagi tentang hal-hal itu," katanya.

Saat ini aplikasi Be Smart baru dipakai di SMK Kelautan Ansus. Ben berharap aplikasi yang di kembangkan nya dapat digunakan di sekolah lainnya. (Baca juga: Tempuh Ujian Berat, Enam Putra Papua Lolos Jadi Prajurit Kopassus)

Alumni DII Akademi Komunitas Negeri Yapen ini berharap, kedepannya setiap hari siswa dapat mengikuti ujian harian di rumah dengan aplikasi yang dikembangkan nya.

"Bagi sekolah yang ingin dikembangkan disekolah mereka, tanpa dipungut biaya. Karena kami ingin juga harus menunjukan bahwa kita tidak ketinggalan," ujarnya.
(shf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8960 seconds (0.1#10.140)