KWT Binaan PLTA Batangtoru Kembangkan Budidaya Tanaman Holtikultura

Selasa, 24 September 2019 - 17:12 WIB
KWT Binaan PLTA Batangtoru Kembangkan Budidaya Tanaman Holtikultura
KWT Binaan PLTA Batangtoru Kembangkan Budidaya Tanaman Holtikultura
A A A
TAPANULI SELATAN - Beragam cara dilakukan perusahaan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Batangtoru, Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara (Sumut), untuk mempercepat peningkatan ekonomi masyarakat.

Salah satunya dengan membina kelompok wanita tani (KWT) di sekitar wilayah operasional. Pembinaan itu dilakukan di Pasar Sempurna dan Marancar Godang, Kecamatan Marancar. Dukungan tersebut dalam bentuk program pengembangan usaha budidaya tanaman holtikultura berupa sayur-sayuran.

Tim Community Development PT North Sumatera Hydro Energy (NSHE), Yosep Budiarto, Heriyanto La Idris, Ocvrianto dan Octa Dhamayanto, menjelaskan, sejak Juli 2019, bekerja sama dengan pihak pemerintah kelurahan/desa setempat dan petugas penyuluh Badan Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP3K) Kecamatan Marancar.

"Program di tiap kelompok selama 4 bulan. Artinya, program pada dua KWT ini untuk periode Juli-Oktober," ujar Yosep.

Lebih lanjut dia mengatakan, tanaman holtikultura berupa sawi, bayam, kangkung dan kacang panjang menjadi pilihan dalam program ini. Sebab, panennya tidak terlalu lama dan petani bisa cepat mendapatkan hasilnya.

"Yang terpenring, jenis komoditi ini tetap akan diserap pasar, karena merupakan komoditi yang setiap harinya dikonsumsi masyarakat," tuturnya.

Tidak hanya sampai di situ, PLTA Batangtoru juha memberikan bantuan berupa cangkul, arit, sepatu bot, alat semprot dan yang tidak kalah pentingnya, PLTA memberikan bantuan pupuk dan obat-obatan. "Untuk lahannya berasal dari masyarakat yang selama ini belum dikelola," tandasnya.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1612 seconds (0.1#10.140)