Antisipasi Kekeringan, Pemerintah Pangandaran Salurkan Bantuan Perpompaan

Senin, 12 Agustus 2019 - 19:11 WIB
Antisipasi Kekeringan, Pemerintah Pangandaran Salurkan Bantuan Perpompaan
Antisipasi Kekeringan, Pemerintah Pangandaran Salurkan Bantuan Perpompaan
A A A
PANGANDARAN - Pemerintah Kabupaten Pangandaran melalui Dinas Pertanian menyalurkan bantuan perpompaan besar di lokasi sawah yang mengalami kekeringan.

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas Pertanian Kabupaten Pangandaran Tina Maryana mengatakan, anggaran bantuan perpompaan besar tersebut bersumber dari APBN. "Penyaluran bantuan langsung ke masyarakat dan dikelola secara swakelola," kata Tina.

Tina menambahkan, total anggaran yang disalurkan senilai Rp107.600.000 yang meliputi bangunan sarana perairan berikut mesin pompa besar. "Untuk anggaran tahun ini, lokasinya di Desa Jangraga, Kecamanatan Mangunjaya, Kabupaten Pangandaran tepatnya ke Kelompok Tani Mulya Jaya II," tambahnya.

Mesin pompa besar tersebut mampu mengairi 26 hektare sawah masyarakat yang saat ini mengalami puncak kekeringan. "Saat ini lokasi kekeringan sawah yang terjadi di Desa Jangraga seluas 50 hektare," paparnya.

Untuk pemanfaatan mesin perpompaan, Dinas Pertanian menganjurkan kepada masyarakat untuk melakukan sistem gilir giring atau pembagian air di lokasi sawah yang masih ada tanamannya. "Speck mesin perpompaan yang disalurkan 8 inci dengan begitu, diharapkan mampu menanggulangi kekeringan yang sedang terjadi," jelasnya.

Biasanya, hasil panen padi di lokasi yang saat ini disalurkan perpompaan jika kondisi cuaca normal rata-rata 6,4 ton per hektare. "Saat ini, karena mengalami kekeringan, hasil panen hanya 4,8 ton per hektare," terangnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6100 seconds (0.1#10.140)