Kabut Asap Tebal Kepung Aceh Barat, Dinkes Bagikan Masker

Kamis, 01 Agustus 2019 - 17:17 WIB
Kabut Asap Tebal Kepung Aceh Barat, Dinkes Bagikan Masker
Kabut Asap Tebal Kepung Aceh Barat, Dinkes Bagikan Masker
A A A
MEULABOH - Kabut asap tebal dampak dari kebakaran lahan dan hutan di Kabupaten Aceh Barat hingga Kamis pagi (1/8/2019) masih menyelimuti pemukiman warga dan Jalan Lintas Provinsi Aceh. Akibatnya akitivitas warga mulai terganggu.

Kepala Puskesmas Samatiga Cut Herlinda mengatakan, untuk mengatasi warga terpapar asap, Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat, Aceh membagikan ribuan masker kepada pengguna jalan secara gratis.

“Karena kabut asap yang ditimbulkan dari lokasi kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Aceh barat semakin pekat pada saat pagi dan malam hari,” ungkap Cut Herlinda.

Sehingga, kata dia, jarak pandang pengguna kendaraan yang melintasi Jalan Banda Aceh – Meulaboh tepatnya di kawasan Kecamatan Samatiga mulai terganggu.

“Untuk mengantisipasi dampak buruk terhadap kesehatan pengguna jalan dan warga petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat mulai membagikan masker kepada pengguna jalan di lokasi yang terdampak kabut asap,” timpalnya.

Pembagian masker terus dilakukan petugas pada saat pagi dan malam hari di lokasi terdampak kabut asap.

Hingga hari ini Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat telah membagikan masker sekitar tiga ribu lebih kepada pengguna jalan.

Tidaknya hanya membagikan masker petugas Dinas Kesehatan Aceh Barat juga mengimbau warga saat keluar rumah terutama pada pagi dan malam hari untuk memakai masker.

Titik api yang tersebar di Kecamatan Bubon diperkiran telah mencapai 29 hektare sementara upaya pemadaman yang dilakukan petugas terkendala karena lokasi titik api sulit dijangkau.Sementara menurut Ulfa pengguna jalan kabut asap yang mengepung Aceh Barat selama beberapa hari terakhir mulai berdampak buruk bagi aktivitas bahkan sebagian warga susah bernafas.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3973 seconds (0.1#10.140)