Bupati Kobar Dukung Petani Sawit Dapat Sertifikasi ISPO/RSPO

Selasa, 30 Juli 2019 - 14:53 WIB
Bupati Kobar Dukung Petani Sawit Dapat Sertifikasi ISPO/RSPO
Bupati Kobar Dukung Petani Sawit Dapat Sertifikasi ISPO/RSPO
A A A
KOTAWARINGIN BARAT - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah (Kalteng) menerima kunjungan dari Institut Inovasi Bumi (INOBU) dan Unilever di Pangkalan Bun, Senin (29/7/2019).

Menurut Bupati, bukti keberhasilan Kobar dalam menjaga lingkungan adalah dengan diraihnya penghargaan Adipura ke-12 kali. Penghargaan ini berturut-turut sebagai kota kecil terbersih di Indonesia.

Selain itu, bupati juga menegaskan komitmennya untuk terus mendorong petani kelapa sawit di Kobar untuk mendapatkan sertifikasi ISPO/RSPO sebagai salah satu wujud kepedulian terhadap lingkungan.

"Kelapa sawit merupakan salah satu komoditas andalan di Kotawaringin Barat. Dan sebagai bagian dari pelaksanaan RPJMD yang salah satunya adalah pembangunan pertanian dalam arti luas dimana salah satu komoditasnya adalah tanaman kelapa sawit," terang Bupati.

Ia menginginkan, agar petani kelapa sawit di Kobar dapat mendapat perhatian, salah satunya melalui masuknya INOBU ke Kobar. Dengan adanya sertifikasi ISPO/RSPO tentunya keuntungan akan sama-sama dirasakan oleh kedua belah pihak.

Bagi petani akan mendapat kepercayaan dari buyer, sehingga harga jualnya baik yang pada akhirnya petani kelapa sawit akan sejahtera. "Kemudian bagi buyer juga akan mendapatkan kelapa sawit yang dikelola dengan standar sertifikasi lingkungan yang tinggi sehingga mendapatkan mutu CPO berkualitas terbaik," katanya.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5171 seconds (0.1#10.140)