WaliKota Palu Lakukan Penanaman Mangrove di Pantai Mamboro

Rabu, 17 Juli 2019 - 14:51 WIB
WaliKota Palu Lakukan Penanaman Mangrove di Pantai Mamboro
WaliKota Palu Lakukan Penanaman Mangrove di Pantai Mamboro
A A A
PALU - Wali kota Palu diwakili Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan kota Palu, Burhan Hamading, menghadiri acara penanaman mangrove dan pelepasliaran Ikan Capungan Banggai di Pantai Mamboro pada Rabu, 17 Juli 2019.

Dalam kesempatan tersebut, Kadis Burhan yang membacakan sambutan tertulis Wali kota Palu menyampaikan musibah 28 September 2018 silam, berdampak pada rusaknya infrastruktur di sepanjang pesisir teluk Palu. Maka, katanya rehabilitasi dan rekonstruksi pesisir pantai menjadi sesuatu yang sangat mendesak.

Menurutnya, salah satu pendekatan yang ditempuh dalam skema rehabilitasi dan rekonstruksi adalah penanaman mangrove dan vegetasi lainnya yang cocok dengan daerah pesisir.

"Pemkot Palu menyadari bahwa hutan Mangrove dan vegetasi lainnya yang tumbuh di pesisir pantai bisa menjadi benteng hijau," ungkapnya.

Ia mengatakan hutan Mangrove sebagai pelindung memiliki banyak manfaat di antaranya dapat mencegah instrusi air laut, erosi dan abrasi pantai, sebagai pencegah dan penyaring unsur-unsur alami, sebagai tempat hidup dan sumber makanan bagi beberapa jenis satwa.

Selain itu, Kadis Burhan menyatakan Ikan Capungan Banggai merupakan jenis ikan yang dilindungi secara terbatas. Perlindungan terbatas ikan tersebut, katanya hanya dibatasi pada tempat dan waktu.

"Kedua kegiatan ini tidak terlepas dari upaya menjaga ekosistem laut. Di masa mendatang kita harus berbuat terbaik untuk alam kita," tandasnya.
(atk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9616 seconds (0.1#10.140)