Peternak Ayam Potong di Magetan Terancam Gulung Tikar

Kamis, 27 Juni 2019 - 17:23 WIB
Peternak Ayam Potong di Magetan Terancam Gulung Tikar
Peternak Ayam Potong di Magetan Terancam Gulung Tikar
A A A
MAGETAN - Keresahan peternak ayam menyusul anjloknya harga jual dirasakan oleh ratusan peternak ayam di Kabupaten Magetan, Jawa Timur . Bahkan beberapa di antaranya berencana menghentikan sementara produksinya menunggu harga stabil dan melimpahnya ayam sejenis di pasaran pascalebaran.

Para peternak di Desa Bibis Kecamatan Sukomoro ini tidak bisa berbuat banyak menghadapi kerugian yang bakal terjadi menyusul harga jual ayamnya anjlok di pasaran. Harga jual yang biasanya seharga Rp17 ribu perkilo dari kandang, kini hanya dijual tidak lebih dari Rp10 ribu.Kondisi ini tidak bisa menutup biaya produksi terutama pembelian pakan yang terus naik. Anjloknya harga jual diduga oleh para peternak karena melimpahnya panen ayam di pasaran. Sedangkan kebutuhan daging ayam menurun pascalebaran.
Meskipun kondisi yang sama juga terjadi pada tahun lalu, namun tahun ini dirasakan lebih berat karena banyaknya komodistas yang sama dan melakukan panen serentak.

Peternak ayam bernama Parman mengatakan, agar tidak mengalami kerugian lebih besar, beberapa peternak berencana menghentikan sementara produksinya pada periode mendatang. Atau tidak membeli bibit baru sampai menunggu pasokan ayam di pasaran berkurang dan harga lebih stabil.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4767 seconds (0.1#10.140)