Wagub Sulsel Resmikan Mall Pelayanan Publik DPMTSP Kota Palopo

Kamis, 02 Mei 2019 - 17:41 WIB
Wagub Sulsel Resmikan Mall Pelayanan Publik DPMTSP Kota Palopo
Wagub Sulsel Resmikan Mall Pelayanan Publik DPMTSP Kota Palopo
A A A
PALOPO - Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman ST didampingi Wali Kota Palopo, Drs HM Judas Amir dan Wakil Wali Kota Palopo, Ir H Rahmat Masri Bandaso serta disaksikan jajaran OPD dan undangan lainnya meresmikan Mall Pelayanan Publik (MPP) di Pelataran Dinas Penanaman Modal Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Palopo, Kamis (2/5/2019)

Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman ST dalam sambutannya menyampaikan perkembangan di daerah sekarang ini semakin maju. "Sekarang mungkin memang waktunya permudah masyarakat kita. ASN hadir memberikan pelayanan publik," ujarnya.

Sementara Wali Kota Palopo, Drs HM Judas Amir menyampaikan peningkatan kualitas pelayanan publik menjadi tuntutan yang selalu disuarakan oleh berbagai kalangan, baik itu kalangan dunia usaha maupun masyarakat.

"Pelayanan yang dapat memuaskan dan memenuhi harapan pencari layanan menjadi alasan rasional yang selalu dikedepankan dan menjadi tuntutan untuk segera direspond," jelas Judas.

Dalam rangka mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas, diperlukan upaya pembinaan aparatur pemerintah daerah. Sehingga dapat bekerja secara profesional yang pada akhirnya dapat melaksanakan manajemen pelayanan umum secara efektif, efisien dan akuntabel.

"Hal ini kemudian yang mendorong Pemerintah Kota Palopo untuk terus mengupayakan inovasi terhadap pelayanan publik yang ada sebagai wujud kehadiran Pemerintah ditengah keluhan masyarakat," tuturnya.

Diakui Judas, pembentukan Mall Pelayanan Publik menjadi salah satu jalan keluar dari permasalahan pelayanan publik yang ada. Pada prinsipnya, MPP ini mengintegrasikan semua pelayanan publik, baik itu pelayanan pusat, provinsi, Kabupaten, BUMN/BUMD dan pihak swasta.

"Saya berharap MPP ini mampu menjawab pesimisme masyarakat Kota Palopo terhadap kualitas pelayanan publik pemerintah," ujarnya.

Kepala DMPTSP Kota Palopo, Farid Kasim JS, SH,MSi yang turut hadir dalam peluncuran MPP menyampaikan harapannya mendapatkan dukungan agar penyelenggaraan pelayanan publik bisa bermanfaat bagi masyarakat.

Farid menjelaskan ini merupakan sebuah spirit baru di Sulawesi Selatan. Ke depan MPP di Kota Palopo tidak hanya sampai di sini.

"Tahun depan akan melaunching MPP plus di Palopo, sudah dirancang namun belum bisa menyampaikan secara detail," ungkap Farid.

Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Pelayanan Publik, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara, Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Damayani Tyas Tiyanti MQM mengungkapkan dengan hadirnya MPP pelayanan dapat lebih cepat lagi, lebih mudah, dan lebih nyaman.

"Dibidang layanan publik harus siap sedia melayani masyarakat. Hal ini ditanamkan dalam diri kita masing-masing," kata Damayani.

Menurutnya, MPP di tawarkan sebagai solusi pelayanan terpadu. Sebagaimana konsep mall untuk memenuhi semua kebutuhan, semua Pelayanan Publik di tempatkan satu tempat sehingga masyarakat lebih mudah mendapatkan pelayanan.

Hadirnya MPP juga merupakan alternatif mengakomodir kearifan. Dan Hadirnya MPP Tidak serta merta menghapus peran DPMTSP tetapi diperbesar layanannya.

"Pembentukan MPP bukan hal yang mudah, butuh komitmen yang kuat untuk mewujudkan hal tersebut. Bukan hanya instansi Khusus, tetapi juga instansi vertikal, BUMN dan BUMD," jelasnya.

Namun demikian menurut Damayani ada hal yang sulit pula yaitu bagamana mempertahankan eksistensi mall itu sendiri, dan bagaimana layanan kepada masyarakat bisa lebih ditingkatkan.
(alf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5400 seconds (0.1#10.140)