Tambang Emas Longsor: 11 Jenazah Diangkat, Evakuasi Terhambat Batu

Rabu, 06 Maret 2019 - 07:06 WIB
Tambang Emas Longsor: 11 Jenazah Diangkat, Evakuasi Terhambat Batu
Tambang Emas Longsor: 11 Jenazah Diangkat, Evakuasi Terhambat Batu
A A A
BOLMONG - Proses evakuasi di lokasi reruntuhan longsor tambang emas rakyat di Desa Bakan, Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) terkendala batu-batu besar. Banyak batu besar menghalangi jalan masuk sehingga proses evakuasi harus menggunakan alat berat.

Meski demikian, hingga pukul 5.30 Wita, tim SAR gabungan telah berhasil mengevakuasi 11 jenazah. Kepala SAR Manado, Djefri DT Mewu, menyebut, memasuki hari kesembilan pekerjaan tetap dilaksanakan selama 1x24 jam dengan menggunakan alat berat.

Kendalanya saat ini adalah adanya batu besar yang menghambat proses evakuasi. Bahkan ketika menggunakan alat berat pun bukannya batu yang bergeser malah sebaliknya, ekskavator yang bergeser.

“Hingga pada saat ini kami telah melaksanakan evakuasi sebanyak 27 orang dan sampai pada hari kedelapan yakni evakuasi yang kedua sejak tanggal 4-6 Maret 2019, telah berhasil mengevakuasi sebanyak 11 kantong jenazah,” ujarnya. (Baca juga: 23 Orang Berhasil Dievakuasi, 37 Masih Tertimbun Longsor di Lokasi Tambang Emas)

Sampai dengan pukul 05.00 Wita pagi ini proses evakuasi masih terkendala oleh satu material batu besar dan ekskavator 40 ton masih berusaha melakukan pengangkatan batu besar tersebut sejak kemarin malam.

“Upaya untuk pengangkatan batu besar masih dilakukan walau sampai saat ini masih belum berhasil. Meski demikian operasi SAR sampai pagi hari ini masih berjalan aman dan sesuai rencana,” pungkasnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.0012 seconds (0.1#10.140)