Banjir Lahar Dingin Gunung Agung Lumpuhkan Akses Warga

Sabtu, 09 Februari 2019 - 09:57 WIB
Banjir Lahar Dingin Gunung Agung Lumpuhkan Akses Warga
Banjir Lahar Dingin Gunung Agung Lumpuhkan Akses Warga
A A A
KARANGASEM - Hujan deras yang mengguyur lereng Gunung Agung , Karangasem, Bali menyebabkan jalan penghubung 4 dusun di Desa Buana Giri, Bebandem, Karangasem terisolasi.

Banjir lahar dingin yang cukup deras dengan lumpur pekat menutup akses jalan. Material banjir menutupi jalan penghubung 4 dusun di lereng Gunung Agung bercampur lumpur pekat. (Baca Juga: Warga di Lereng Merapi Diminta Waspada Potensi Banjir Lahar )

Kondisi ini membuat warga tak berani melintas. Akses warga pun terputus. Kendati banjir telah surut, material banjir seperti pasir dan batu menutup akses jalan. Bahkan banjir lahar dingin yang terjadi sejak seminggu terakhir membuat separuh badan jalan ambles.

Warga berupaya melakukan pembersihan agar jalan kembali dapat dilewati dengan menggunakan bantuan alat berat dari salah satu pengusaha galian C yang biasa beroperasi di hulu jalan.

Warga berharap pemerintah dapat memberikan solusi untuk warga. Pasalnya, apabila hujan di lereng gunung kembali deras, akses akan kembali tertutup. Apalagi status Gunung Agung yang masih aktif, potensi erupsi masih tinggi.

Empat dusun yang masuk dalam KRB 3 berjarak 5 km dari kawah Gunung Agung akan sulit melakukan evakuasi apabila saat erupsi terjadi banjir lahar dingin. (Baca Juga: Evakuasi Pendaki Rusia dari Puncak Gunung Agung Berjalan Dramatis )
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6477 seconds (0.1#10.140)