15 Camat di Simalungun Diminta Siaga Bencana Alam

Kamis, 20 Desember 2018 - 15:09 WIB
15 Camat di Simalungun Diminta Siaga Bencana Alam
15 Camat di Simalungun Diminta Siaga Bencana Alam
A A A
SIMALUNGUN - Camat di 15 wilayah yang rawan bencana di Kabupaten Simalungun diminta siaga bencana alam dan tetap berada di wilayah tugasnya.

Wakil Bupati Simalungun Amran Sinaga mengatakan imbauan itu disampaikan mengingat belakangan ini sering terjadi bencana alam di sejumlah kecamatan.

Menurut Amran, camat harus proaktif memantau kondisi wilayahnya dan tanggap melakukan penanggulangan dengan cepat jika terjadi bencana alam.

"Jika camat tidak ada di wilayahnya, bagaimana bisa cepat menanggulangi bencana alam di wilayahnya,apalagi belakangan ini dengan curah hujan yang tinggi sejumlah daerah sering dilanda bencana alam banjir dan longsor," sebut Amran.

Amran mengatakan, camat yang diminta tidak meninggalkan wilayahnya di antaranya Raya, Girsang Sipanganbolon, Bandar, Dolok Batu Nanggar, Purba, Siantar, Gunung Malela, Silimakuta, Dolok Silou dan Silou Kahean, Sidamanik, Pamatang Sidamanik, Haranggaol Horison, Raya Kahean, dan Hatonduhan.

Para camat di daerah itu diharapkan tetap memantau kondisi wilayahnya karena merupakan daerah yang rawan banjir dan longsor.Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Simalungun, Mudahalam Purba mengakui jika dengan kondisi curah hujan yang tinggi belakangan ini bencana banjir dan longsor rawan terjadi terutama di pemukiman penduduk yang berada di pinggir sungai dan kawasan perbukitan.
"Masyarakat yang berada di pinggir sungai atau kawasan perbukitan harus waspada jika curah hujan tinggi," ujar Mudahalam.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6515 seconds (0.1#10.140)