Jelang Natal dan Tahun Baru, Dinas PKH Gelar Rakor Harga Ayam Potong

Senin, 17 Desember 2018 - 09:50 WIB
Jelang Natal dan Tahun Baru, Dinas PKH Gelar Rakor Harga Ayam Potong
Jelang Natal dan Tahun Baru, Dinas PKH Gelar Rakor Harga Ayam Potong
A A A
KOTAWARINGIN BARAT - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah menggelar rapat koordinasi evaluasi harga komoditas ayam potong di Aula Dinas PKH Kobar, Senin (17/12/2018).

Hadir pada rapat itu, perwakilan Asosiasi Peternak Ayam Potong, Asosiasi Poultry Shop, Kabid Perdagangan Disperindagkop UKM Kotawaringin Barat Tridoso Eko Lusino, dan Kabid Distribusi dan Cadangan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Kotawaringin Barat Syahyani.

Kepala Dinas PKH Kotawaringin Barat Ida Pandanwangi mengatakan, rakor evaluasi ini sebagai upaya bersama pengendalian harga komoditas ayam potong sekaligus menggali informasi tentang ketersediaan ternak ayam potong menjelang Natal dan Tahun Baru. Ia berharap melalui rapat ini dapat terjalin kemitraan yang saling menguntungkan antara poultry shop dengan peternak.

Menurut Ida, untuk menghasilkan ayam potong berkualitas, upaya yang perlu dilakukan peternak adalah pemilihan Day Old Chicken (DOC) dan pakan ternak. "Dengan melakukan budidaya ternak yang baik dan menjaga agar ternak tetap sehat, harga jual akan sesuai rencana," katanya saat membuka rakor.

Sementara itu, Kabid PPSK Dinas PKH Kotawaringin Barat Rubiansyah menambahkan, untuk menjaga stabilitas harga, perlu ketersediaan produk secara kontinyu dan distribusi yang efisien. "Kita akan pantau ketersediaan daging ayam supaya harga tidak melambung," ujarnya.

Ketua Asosiasi Poultry Shop Kotawaringin Barat H Kiki dalam kesempatan itu menyampaikan stok ayam potong berdasarkan DOC yang masuk masih stabil. "Harga DOC masih belum ada kenaikan," ujarnya.

Namun Mujianto, salah pelaku usaha ternak di Kotawaringin Barat menyampaikan bahwa untuk mendapatkan data yang konkret perlu adanya laporan stok dari poultry shop langsung. "Tinggi rendahnya harga dipengaruhi oleh stok dan permintaan konsumen, serta dipengaruhi juga oleh ketersediaan dan harga ayam potong di wilayah kabupaten tetangga seperti Sampit, Banjar, Pontianak, dan Palangkaraya," ujarnya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5679 seconds (0.1#10.140)