Seekor Beruang Liar Terperangkap Jebakan Babi

Kamis, 15 November 2018 - 12:08 WIB
Seekor Beruang Liar Terperangkap Jebakan Babi
Seekor Beruang Liar Terperangkap Jebakan Babi
A A A
PEKANBARU - Seekor beruang liar terperangkap di jeratan di salah kebun milik warga di Kabupaten Bengkalis, Riau. Satwa dilindungi ini terperangkap jeratan babi yang memang sengaja dipasang.

"Sebenarnya perangkap itu dibuat warga untuk hama babi, tapi yang kena beruang," ucap Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam BBKSDA Riau, Suharyono, Kamis (15/11/2018).

Satwa penyuka madu ini terperangkap jerat babi di Dusun Kenanga, RT 04, Desa Batang Duku, Kecamatan Bukit Batu, Bengkalis. Pihak BBKSDA langsung menuju ke lokasi untuk mengecek dan ternyata ada beruang tersebut memang terjerat di bawah pohon.

Petugas meminta kepada warga untuk tidak menyakiti satwa langka yang sering menjadi sasaran perburuan. Untuk melihat kondisi kesehatan, BBKSDA juga menyiapkan dokter hewan.

"Tim berkoordinasi dengan pemerintah desa agar sebelum kita datang, beruang madu tidak dilukai," imbuhnya.

Setelah beruang dinyatakan sehat, tim langsung melakukan penanganan terhadap beruang. Setelah jeratan terlepas, petugas pun melepasliarkan satwa langka tersebut.

"Beruang kita lepasliarkan di salah satu kawasan konservasi. Kita juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang hadir untuk tidak memasang jerat di sekitar kawasan walaupun di areal perkebunan sehingga kejadian serupa tidak terulang kembali," pintanya.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5802 seconds (0.1#10.140)