ACT Jateng Salurkan Bantuan Air Bersih di Rembang

Minggu, 11 November 2018 - 10:21 WIB
ACT Jateng Salurkan Bantuan Air Bersih di Rembang
ACT Jateng Salurkan Bantuan Air Bersih di Rembang
A A A
REMBANG - Ketersediaan air bersih masih menjadi problem di sebagian wilayah Jawa Tengah. Salah satu titik wilayah yang paling sulit mendapat air bersih adalah Desa Pranti, Kecamatan Sulang, Kabupaten Rembang.

Merespons musibah tersebut, Aksi Cepat Tanggap Jawa Tengah (ACT Jateng) bersama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) memberikan bantuan tiga truk tangki berisi air bersih, pada Sabtu (10/11/2018).

"Musim kemarau panjang menjadikan sumur-sumur warga mengering dan sungai di sekitar desa airnya tidak mengalir," ungkap Giyanto selaku Ketua MRI Jawa Tengah.

Menurutnya, sudah 6 bulan lebih warga Pranti mengalami kekeringan. "Memang beberapa hari yang lalu sempat terjadi hujan, namun itu belum cukup membuat sumur warga kembali terisi, sungai pun juga masih belum mengalir. Alhasil air bersih masih sangat sulit disini," tambahnya.

Tidak kurang dari 18.000 liter air bersih dirasakan manfaatnya oleh 100 kepala keluarga yang terdiri dari RT 3 dan RT 4 Desa Pranti. "Alhamdulillah, mendapat bantuan dari ACT, memang sudah lama kita berharap mendapatkan bantuan air bersih," kata Tain, Kepala Dusun setempat.

Kondisi geografis Desa Pranti menjadikan wilayah ini langganan kekeringan setiap tahunnya.

"Bukannya kita tidak mau berusaha mas, kami dulu sudah berupaya membuat sumur bor sedalam 50 meter namun tetap saja air tidak keluar," tuturnya kepada relawan ACT.

Puluhan jerigen, ember dan aneka wadah pengangkut air tertata di depan masjid desa. Tua, muda, anak-anak berbondong-bondong menyambut riang gembira bantuan air bersih dari ACT.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.2847 seconds (0.1#10.140)