Geram, Warga Bakar Peralatan Tambang Timah Liar

Kamis, 25 Oktober 2018 - 20:39 WIB
Geram, Warga Bakar Peralatan Tambang Timah Liar
Geram, Warga Bakar Peralatan Tambang Timah Liar
A A A
PANGKALPINANG - Pasca penertiban pertambangan timah ilegal oleh Sat Pol PP Bangka Belitung (Babel). Para pelaku tambang liar tak jua jera, dan kembali beroperasi menggarap kawasan pemukiman warga di RT 14, Kelurahan Dul, Kecamatan Pangkalanbaru, Bangka Tengah, Babel.

Atas aktivitas tersebut, warga kampung Dul emosi dan membakar sejumlah peralatan tambang pun dibakar oleh warga.

"Amarah warga sudah tak terbendung, kesal dan jengkel. Kita sudah berpuluh kali musyawarah dengan pihak Satpol PP Babel, Polsek Pangkalan Baru, Lurah, Babinkamtibmas, dan lainnya tapi tetap saja mereka melakukan kegiatannya," ujar Ketua RT 14 Kelurahan Dul, Kwan Men di lokasi kejadian, Kamis (25/10/2018).

Menurutnya, aktivitas tambang ini sudah lama beroperasi, bahkan puluhan kali ditertibkan aparat. Tetapi, penambang tak jera kembali lagi untuk merambah tanah yang kini hanya berjarak 15 meter dari dinding rumah warga.

"Kami di sini enggak dianggap lagi, bosan diperingkati baik-baik dengan kesepakatan. Namun, besoknya mereka masih menambang. Beberapa kali disuruh angkat peralatan tambang kalau tidak warga bertindak. Kami jengkel dan kesal sebab imbasnya itu merusak lingkungan pemukiman warga, bikin banjir karena aliran sungai mereka dam/tutup," jelas Kwan.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7173 seconds (0.1#10.140)
pixels