Sudah Tersambung, Jembatan Musi IV Segera Diresmikan Presiden

Sabtu, 20 Oktober 2018 - 08:31 WIB
Sudah Tersambung, Jembatan Musi IV Segera Diresmikan Presiden
Sudah Tersambung, Jembatan Musi IV Segera Diresmikan Presiden
A A A
PALEMBANG - Jembatan Musi IV di Kota Palembang yang menghubungkan dua kawasan Ulu dan Ilir kini sudah tersambung 100%. Proses pengecoran terakhir pada konstruksi jembatan dilakukan langsung oleh Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional Wilayah V Kementerian PU dan Perumahan Rakyat, Kiagus Syaiful Anwar.

Saiful mengatakan, pengerjaan jembatan senilai Rp553 miliar ini memakan waktu selama empat tahun. Dan untuk meresmikannya agar dapat segera digunakan sebagai akses alternatif penyebrangan dari Ulu ke Ilir, Kementerian PUPR mengagendakan peresmian Jembatan Musi IV akan dilakukan langsung oleh Presiden Jokowi.

"Kontrak jembatan ini 4 tahun dengan nilai anggaran Rp553 miliar. Pada 2015 kita melakukan pembebasan lahan, lelang dan kontrak. Pada 2016 kita melakukan mobilisasi material dan pengerjaan lahan, dilanjutkan 2017 dengan pengerjaan struktur bangunan dan 2018 dilakukan pengerjaan bentang atas. Sampai dengan saat ini, progres fisik jembatan dengan panjang 1.300 meter tersebut telah mencapai 97%," kata Saiful usai Ceremonial Mid Closure Proyek Jembatan Musi IV Palembang, Jumat (18/10/2018) malam.

Diakui Saiful, jembatan ini yang menghubungkan bagian Ulu dan Ilir Kota Palembang sudah tidak ada lagi kendala dalam pembangunan jembatan. Seperti diketahui, jembatan ini sempat terkendala pembebasan lahan dan sempitnya akses jalan menuju jembatan tersebut.

"Sekarang kita melakukan pengecoran akhir di lantai jembatan. Selanjutnya dilakukan finishing, dilanjutkan analisis traffik atau rekayasa lalu lintas. Kita sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah baik Walikota Palembang dan Gubernur Sumsel, agar akses jalan menuju jembatan itu yang semula merupakan jalan milik pemerintah kota, menjadi jalan milik nasional sehingga pengelolaannya menjadi tanggung jawab Kementerian PU Pera," ungkapnya.

Jembatan Musi IV merupakan jembatan tipe Cable Stay Extradosed dan PC U-Girder. Ini merupakan jembatan yang membanggakan karena merupakan jembatan box girder terpanjang dan ini dinilai cukup langka. Bahkan di Indonesia ini merupakan jembatan box girder terpanjang yang pernah dibuat.

"Jembatan ini pertama di Indonesia. Bukan hanya strukturnya tapi teknologi alat pendeteksi kesehatan jembatan yang berada di jembatan itu sangat mendukung. Bahkan 1 dari 70 jembatan di dunia yang menerapkan teknologi itu ada di jembatan ini," jelas Saiful.

Ia menjelaskan, jembatan ini menggunakan penerapan Structural Health Monitoring System (SHSM) untuk memonitor kesehatan jembatan dan mengirimkan informasi ke pusat data. Jembatan dengan dua lajur kendaraan itu diyakini mampu memiliki daya tahan mencapai 100 tahun.

"Saat ini jembatan Ampera sudah sangat padat, sehingga diperlukan adanya jembatan lain yakni Jembatan Musi IV. Menariknya, jembatan ini akan dihiasi berbagai ornamen khas Palembang," tukasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7014 seconds (0.1#10.140)