Uji Beban Jembatan Musi VI Palembang, Truk Bermuatan Ratusan Ton Parkir di Atas Jembatan

Selasa, 22 Desember 2020 - 16:36 WIB
loading...
Uji Beban Jembatan Musi VI Palembang, Truk Bermuatan Ratusan Ton Parkir di Atas Jembatan
Uji Beban Jembatan Musi VI Palembang, Truk Bermuatan Ratusan Ton Parkir di Atas Jembatan. Foto/SINDOnews/Dede Feb
A A A
PALEMBANG - Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Tata Ruang Sumsel melakukan uji beban Jembatan Musi VI Palembang yang menghubungkan wilayah Seberang Ulu dan Ilir, jelang diresmikan Rabu (30/12/2020) mendatang.

Dalam pengujian beban tersebut, sebanyak 24 dump truk dengan bobot setiap unitnya mencapai 40 ton parkir di atas jembatan yang menghubungkan Jalan Sultan Muhammad Masyur dengan Jalan KH Wahid Hasyim Palembang tersebut.

Kepala Dinas PU BMTR Sumsel, Darma Budhy mengatakan, uji beban jembatan tersebut dilakukan oleh pihak yang ahli di bidangnya, yakni dari Komite Keselamatan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) Jakarta.

"Polanya melakukan pembebanan menggunakan dump truk sebanyak 24 truk. Dengan kapasitas satu truk mencapai 40 ton. Di tengah jembatan sudah dipasang elektrik yang bisa dipantau menggunakan komputer jadi ketika ada pergerakan kendaraan akan terbaca," ujar Darma Budhy, Selasa (22/12/2020).

Setelah melakukan uji beban, lanjut Budhy, pihaknya akan menunggu sertifikat laik jalan selama dua minggu kedepan.

"Kami sudah melaporkan ke Gubernur, bahwa rencananya akan diresmikan 30 Desember 2020, pukul 19.30 WIB. Dipilihnya malam, karena Jembatan Musi VI ini kan dikenal dengan ikon keindahan lampunya," jelasnya.

(Baca juga: Kas Daerah Kosong, Puluhan Abpenas Pertanyakan Gaji Tertunggak 3 Bulan)

Menurutnya, saat peresmian jembatan yang memiliki panjang 925 meter, lebar 11,5 meter dan dua lajur dua arah dengan lebar 8,5 meter ditambah trotoar lebar 1,5 meter dengan tinggi terhadap permukaan air Sungai Musi 13 meter dan kapasitas muatan sumbu 8 ton akan dibuat hiburan bagi masyarakat.

(Baca juga: Pulang Outbound dari Bogor, Sekda Pemda Lahat Wafat Terpapar COVID-19)

"Nanti di Jembatan Musi VI ini akan ada hiburan untuk masyarakat berupa lampu-lampu jembatan yang akan dibuat semenarik mungkin seperti akan dibentuk huruf, warna warni dan lain-lain," tuturnya.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0151 seconds (0.1#10.140)