KRI Surabaya-591 Berangkatkan Bantuan ke Palu

Selasa, 02 Oktober 2018 - 20:48 WIB
KRI Surabaya-591 Berangkatkan Bantuan ke Palu
KRI Surabaya-591 Berangkatkan Bantuan ke Palu
A A A
SURABAYA - Komando Armada II mengirimkan KRI Surabaya-591 dengan komandan Letkol Laut (P) Heru Syamsul Hidayat, beserta prajuritnya untuk mengangkut dan mengantarkan bahan bantuan untuk korban gempa tsunami di Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah. Saat ini KRI Surabaya-591 masih bersandar di Dermaga Madura Barat Ujung, Koarmada II, Surabaya, Selasa (2/10/2018).

Sejumlah bahan bantuan yang telah masuk dan diterima oleh KRI Surabaya- 591 berupa bahan pangan beras, air mineral, mi instan, pakaian layak pakai, selimut, dan pampers bayi. Bahan bantuan tersebut dari TNI AL, TNI AD Kodam V/Brawijaya serta masyarakat umum.

Sampai berita ini diturunkan KRI Surabaya-591 masih proses embarkasi baik logistik, material dan bahan berat. Semua bantuan makanan yang diangkut oleh KRI dari jajaran Satuan Kapal Satfib (Satfib) Koarmada II ini akan dilepas besok. Tujuan dari keberangkatan KRI Surabaya- 591 merupakan bentuk tanggap segera TNI dalam meringankan beban para korban yang mengalami musibah beberapa waktu yang lalu.

Sedangkan KRI Makassar-590 telah memberangkatkan relawan yang on board, antara lain personel TNI AD : 1.100 orang, relawan : 350 orang, Polri sebanyak : 169 orang, kendaraan roda 4 : 48 unit, kendaraan roda 2 : 46 unit dan bahan kontak.

Sebelumnya TNI AL juga sudah memberangkatkan KRI Layang-635, Pers Lantamal VI bergerak via jalur darat sudah berada di Palu tahap I untuk bantu Penyiapan Dermaga dan tugas dari Lanal palu. Untuk personel Lantamal VI mendirikan posko dan sudah menerima bahan kontak dari berbagai instansi untuk dimuat di KRI yang akan digerakkan ke Palu.

Sedangkan Kapal Rumah Sakit KRI SHS-990 di berangkatkan dari Bali. Rencananya sore ini langsung berangkat menuju Palu dengan mengangkut tim kesehatan, personel, dan bahan kontak.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.6212 seconds (0.1#10.140)