Retribusi Sampah Simalungun TA 2017 Dinilai Tidak Realistis

Kamis, 13 September 2018 - 15:57 WIB
Retribusi Sampah Simalungun TA 2017 Dinilai Tidak Realistis
Retribusi Sampah Simalungun TA 2017 Dinilai Tidak Realistis
A A A
SIMALUNGUN - Realisasi retribusi pelayanan persampahan proyek yang dikelola Dinas Pekerjaan Umum Pemkab Simalungun Tahun Anggaran (TA) 2017 dinilai tidak realistis. Meski mengalami peningkatan dengan nilai proyek mencapai ratusan miliar, namun realisasi retribusinya masih sangat kecil.

Karena bila dihitung dari nilai proyek yang dikelola mencapai Rp200 miliar setiap tahunnya, idealnya realisasi retribusi sampah proyek yang dijadikan pendapatan asli daerah (PAD) mencapai Rp2 miliar, dengan perhitungan 1/mil atau dikali 1000 dikali nilai proyek.

Anggota DPRD Simalungun, Makmur Damanik mengaku terkejut dengan minimnya realisasi retribusi sampah proyek tahun 2017 yang dikelola Dinas Pekerjaan Umum.

“Jika memang benar realisasinya hanya Rp500 juta tahun 2017, ini sangat tidak realistis. Sebab, nilai proyek setiap tahunnya dikelola Dinas Pekerjaan Umum mencapai ratusan miliar, sehingga dugaan adanya penyimpangan dalam pengelolaan retribusinya sangat wajar. Ini akan menjadi pembahasan bersama dengan eksekutif (Pemkab Simalungun) nanti pada rapat pembahasan perubahan APBD TA 2018,” sebut Makmur.

Kepala Dinas Pendapatan Pemkab Simalungun, Mixnon Andreas Simamora yang dihubungi melalui telepon mengaku tidak mengetahui persis realsiasi retribusi sampah proyek tahun 2017 yang dikelola Dinas Pekerjaan Umum.

Dia mengaku sedang rapat di Medan,sehingga tidak dapat memberikan data detail realisasi retribusi sampah proyek yang dikelola Dinas Pekerjaan Umum Pemkab Simalungun tahun 2017. “Mohon maaf saya lagi rapat di Medan,” ujar Mixnon singkat.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pemkab Simalungun, Benny Saragih yang berulang kali dimintai konfirmasi baik melalui telepon maupun pesan singkat (SMS), tidak memberikan tanggapannya.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7570 seconds (0.1#10.140)