Belum Padam, Luas Hutan Terbakar Gunung Sindoro Capai 156 Hektare

Senin, 10 September 2018 - 16:10 WIB
Belum Padam, Luas Hutan Terbakar Gunung Sindoro Capai 156 Hektare
Belum Padam, Luas Hutan Terbakar Gunung Sindoro Capai 156 Hektare
A A A
TEMANGGUNG - Kebakaran hutan Gunung Sundoro di wilayah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah hingga Senin (10/9/2018) siang belum bisa dipadamkan. Luas hutan yang terbakar mencapai 156 hektare (ha). Tersebar di petak 10-4, petak 10-5 dan petak 18 c.

Hingga saat ini, petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung bersama anggota TNI-Polri, Perhutani, Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dan relawan masih melakukan pemadaman.

Plt Kepala BPBD Kabupaten Temanggung Gito Walngadi mengatakan, kebakaran hutan Gunung Sundoro belum bisa dipadamkan karena medan hutan yang terbakar sulit dijangkau oleh petugas. Di sisi lain, kondisi cuaca yang panas dan kencangnya tiupan membuat api cepat menjalar.

"Hingga siang ini, api belum bisa dipadamkan. Untuk mengantisipasi meluasnya kebakaran, kami melokalisir lahan yang belum terbakar," katanya kepada SINDOnews, Senin (10/8/2018).

Dia mengatakan, dalam penanganan kebakaran hutan Gunung Sundoro hari ini, BPBD Kabupaten Temanggung menerjunkan sebanyak 150 orang personel. Mereka dibagi ke beberapa titik untuk memadamkan api di petak 10-4 dan petak 10-5.

"Kami terus melakukan konsolidasi petugas di lapangan dalam penanganan kebakaran hutan Gunung Sindoro dan mengantisipasi meluas kebakaran. Sejauh ini, permukiman penduduk masih aman. Jarak hutan yang terbakar dengan permukiman pendudukan sekitar 3 -4 kilometer," katanya. (Baca Juga: Hutan di Gunung Sindoro Kebakaran, Semua Jalur Pendakian Ditutup(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6059 seconds (0.1#10.140)