Kebakaran Gunung Batok di Kawasan Bromo Berhasil Dipadamkan, Petugas Masih Bersiaga

Minggu, 23 Juni 2024 - 13:45 WIB
loading...
Kebakaran Gunung Batok...
Kebakaran lahan di Gunung Batok, yang terletak di kawasan Gunung Bromo, telah berhasil dipadamkan petugas. Foto/Ist
A A A
MALANG - Kebakaran lahan di Gunung Batok , yang terletak di kawasan Gunung Bromo, telah berhasil dipadamkan. Pemadaman dilakukan sepanjang hari Sabtu (22/6/2024) bertepatan dengan perayaan Kasada di Gunung Bromo.

Kepala Bagian Tata Usaha (Kabag TU) Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB-TNBTS), Septi Eka Wardhani menjelaskan bahwa tim gabungan yang terdiri dari petugas BB-TNBTS, Masyarakat Peduli Api (MPA), TNI Polri, BPBD, dan sejumlah relawan dari masyarakat setempat, berhasil memadamkan api. Pemadaman dilakukan dengan metode manual seperti memukul titik api dan menyemprotkan air.

"Proses pemadaman menggunakan alat seperti gepyok, jetshooter, serta mobil tangki dan pompa pemadam kebakaran. Api berhasil dipadamkan sepenuhnya pada Sabtu sekitar pukul 21.55 WIB," ujar Septi pada Minggu pagi (23/6/2024).

Meskipun api telah berhasil dipadamkan, tim gabungan masih melakukan proses pendinginan di titik-titik api untuk mencegah bara api menyala kembali. Proses ini terus berlanjut hingga Minggu siang (23/6/2024).



"Pendinginan dilakukan untuk memastikan tidak ada bara yang tersisa dan mencegah kebakaran ulang. Kegiatan mop up dilanjutkan pada Minggu pagi 23 Juni 2024 ini," jelasnya.

Penyebab pasti kebakaran belum bisa dipastikan karena tim penanganan kebakaran masih fokus pada pemantauan dan pendinginan untuk memastikan api benar-benar padam.

"Penyebab kebakaran belum dapat dipastikan. Tim akan melakukan penyelidikan lebih lanjut, sementara ini kami masih fokus pada pemantauan dan pendinginan," tambah Septi.

Septi juga mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dan tidak membuat api di sekitar kawasan TNBTS, mengingat kondisi cuaca yang sangat kering dan telah memasuki musim kemarau.

"Saat ini, kondisi cuaca sangat kering sehingga titik api sekecil apapun bisa menyebabkan kebakaran hutan. Mari kita jaga kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dari bahaya kebakaran," katanya.

Sebelumnya, api terpantau muncul di Gunung Batok pada Sabtu dini hari (22/6/2024) pukul 03.30 WIB dan berhasil dipadamkan pada pukul 05.00 WIB, namun api kembali muncul pada pukul 10.30 WIB dan menyebar karena tiupan angin kencang serta banyaknya vegetasi yang mudah terbakar.

Saat ini, Gunung Bromo ditutup untuk aktivitas wisata selama perayaan Kasada yang berlangsung sejak Jumat (21/6/2024) hingga Sabtu. Kawasan Gunung Bromo akan tetap ditutup hingga Senin (24/6/2024) pukul 24.00 WIB untuk proses pembersihan dan akan dibuka kembali untuk wisatawan pada Selasa dini hari (25/6/2024) pukul 00.00 WIB.
(hri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3618 seconds (0.1#10.140)