Pemkot Salatiga Gelar Festival Kemandirian Pangan, Ini Tujuannya

Jum'at, 31 Agustus 2018 - 20:30 WIB
Pemkot Salatiga Gelar Festival Kemandirian Pangan, Ini Tujuannya
Pemkot Salatiga Gelar Festival Kemandirian Pangan, Ini Tujuannya
A A A
SALATIGA - Pemerintah Kota (Pemkot) Salatiga, Jawa Tengah menggelar Festival Kemandirian Pangan di Lapangan Pancasila, Jumat-Sabtu (31/8-1/9/2018). Selain untuk mempromosikan produk pangan, festival ini juga untuk mengembangkan pengetahuan masyarakat dalam pola konsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman.

Festival ini diikuti oleh komunitas pangan dan tanaman hias, kelompok Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL), kelompok pengusaha pengolahan pangan, Fakultas Pertanian dan Bisnis UKSW, Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kota Salatiga, Kontak Nelayan Andalan (KTNA) Kota Salatiga dan Serikat Petani Qoryah Thoyibah.

Kepala Bidang Ketersediaan dan Distribusi Pangan, Dinas Pangan Kota Salatiga Bambang Ari mengatakan, program kemandirian pangan merupakan bagian dari upaya menguatkan ketahanan pangan serta meningkatkan pendapatan keluarga serta dan pengentasan kemiskinan. "Dengan tersediannya pangan, maka harga dapat tetap stabil, terjangkau dan mudah diperoleh," katanya.

Dalam kegiatan ini selain pameran bahan pangan hasil pemanfaatan pekarangan rumah, juga dilakukan penandatanganan kerja sama di bidang penyediaan bahan pangan segar antara kelompok KRPL, HKTI, dan KTNA Kota Salatiga dengan distributor.

Sementara itu, Wali Kota Salatiga Yuliyanto mengajak seluruh masyarakat mendukung program kemandirian pangan di tingkat keluarga dengan memanfaatkan pekarangan rumah. Sebab untuk mewujudkan ketahanan dan kemandirian pangan negara, dimulai dari kemandirian pangan keluarga.

"Saya memberikan apresiasi atas penyelenggaraan kegiatan ini, sebagai wahana untuk mempromosikan produk-produk kelompok atau pengusaha mitra binaan pemerintah yang terkait dengan kemandirian pangan. Mari kita wujudkan kemandirian pangan di tingkat keluarga," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7678 seconds (0.1#10.140)